Tahun Depan, 10 Ribu Lulusan SMK Berpeluang untuk Bekerja di Jepang

6 Desember 2021 11:30 WIB
Ilustrasi lulusan SMK
Ilustrasi lulusan SMK ( dok Ruang Mahasiswa)

Makassar, Sonora.ID - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) (Persero) membuka peluang bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk bisa bekerja di Jepang. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT IKI (Persero), Diana Rosa di Makassar, baru-baru ini.

Diana mengatakan, dalam rencana memfasilitasi peluang kerja bagi lulusan SMK ini, pihaknya bekerjasama dengan ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan. ANC merupakan suatu asosiasi perusahaan yang berkomitmen di bidang akademik dan pengembangan karir di Jepang.

"Banyak peluang untuk anak-anak Indonesia bekerja di Jepang, karena di Jepang kan penduduknya sedikit sehingga mereka membutuhkan banyak tenaga kerja. Oleh karena itu ada asosiasi yang sudah diakui oleh kementerian tenaga kerja Jepang (ANC Japan). Untuk membantu mencari anak-anak Indonesia yang mau berkembang dan berkarir di Jepang," ujar Diana.

Peluang ini, kata Diana, terbuka bagi 10 ribu calon pekerja dari lulusan SMK di tahun depan. Pekerjaan mereka nantinya terbagi dalam 14 sektor diantaranya perhotelan, industri permesinan, industri mobil, pertanian dan perkapalan. Sebagai bekal, mereka nantinya akan menjalani kursus bahasa Jepang selama 6 bulan dan tes sebelum berangkat ke negeri sakura.

"Jadi yang lulus bahasa dan tesnya akan diberi peluang bekerja di Jepang. Untuk visa maupun tiket nanti akan dibiayai oleh ANC Japan," jelasnya.

Baca Juga: Menteri Kelautan dan Perikanan Diminta Gubernur Percepat Sertifikasi Keahlian Lulusan SMK di Kalbar

Diana melanjutkan, dengan adanya kesempatan ini, tingkat pengangguran bagi lulusan SMK akan berkurang. Peluang tersebut terbuka untuk seluruh siswa di Indonesia. Termasuk para lulusan SMK di Sulawesi Selatan.

"Sebagai lulusan SMK itu, harus siap untuk bekerja. Dan ini bukan hanya untuk yang baru lulus, namun bisa juga untuk lulusan dua atau tiga tahun lalu. Gaji yang disiapkan pun berkisar Rp28 juta per bulannya," ujarnya.

Pemprov Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT IKI tersebut. Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pun berharap, banyak anak muda dari daerahnya yang lulus ke Jepang.

"Ini sebagai kontribusi kepada Pemprov bahwa PT IKI melalui kesempatan sama telah komitmen untuk memberi peluang bekerja ke Jepang kepada anak-anak lulusan SMK dengan peluang sebanyak 10 ribu. Kita tentu berharap banyak anak-anak dari Sulsel," tandas Sudirman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm