Wujudkan Masyarakat Aman dengan Community Policing, Simak Pengertian dan Manfaaatnya!

9 Desember 2021 14:05 WIB
Ilustrasi community policing
Ilustrasi community policing ( 235998964)

Sonora.ID - Permasalahan sosial yang bahkan hari ini tidak bisa diberantas secara mengakar adalah kasus-kasus kejahatan kerah biru.

Meskipun terkesan kecil, kriminalitas di tengah masyarakat tetap meresahkan siapa pun yang pada akhirnya, bila terakumulasi akan berdampak pula pada kehidupan nasional.

Berbagai riset dan teori terdahulu mengatakan kalau peningkatan kekerasan polisi dapat menjadi solusi dari kejahatan.

Namun saat ini kita melihat bahwa seiring kerasnya agen tersebut, yang terjadi para penjahat semakin cerdik pula dalam melancarkan aksinya.

Oleh karenanya, perlu pendekatan baru dalam mengatasi dan meminimalisir kejahatan di tengah masyarakat, yakni dengan community policing

Baca Juga: 4 Kasus Kriminal yang Tidak Terpecahkan Sampai Hari Ini, Semua Pihak Nyerah!

Pengertian Community Policing

Community policing (pemolisian masyarakat) adalah kerangka kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan keamanan publik melalui kolaborasi antara petugas polisi dan anggota masyarakat.

Dalam community policing, tugas polisi tidak hanya menanggapi kasus-kasus atau insiden, melainkan juga membantu memecahkan masalah masyarakat secara bersama-sama.

Pentingnya Community Policing

Secara keseluruhan, manfaat community policing berangkat dari peningkatan hubungan masyarakat dan membangun kemitraan masyarakat.

Pengurangan tingkat kejahatan dapat dilihat sebagai dari benefit utama dari community policing.

Secara spesifik, berikut adalah manfaat dari community policing:

1. Peningkatan moral petugas kepolisian

Belakangan ini, di berbagai belahan dunia banyak yang meragukan moralitas petugas kepolisian sehingga banyak dari kita yang meragukan prospek polisi di masa mendatang.

Di satu sisi, ketika polisi merasa didukung oleh komunitasnya, banyak polisi yang melaporkan kalau mereka cenderung menjadi lebih semangat kerja.

Ini bukan hanya karena community policing baik untuk menciptakan hubungan positif, tetapi juga karena dapat menciptakan lebih banyak kesempatan bagi publik.

Pada akhirnya, hubungan yang mengandalkan saling kepercayaan ini secara perlahan mampu membuat lingkungan sosial yang lebih aman.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm