Bantu Korban Terdampak Gempa NTT, Mensos Cek Langsung Gudang Bantuan Bekasi dan Instruksikan Pengiriman

14 Desember 2021 19:02 WIB
Mensos Tri Rismaharini koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya dalam penanganan korban gempa di NTT
Mensos Tri Rismaharini koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya dalam penanganan korban gempa di NTT ( Kemensos)

Bekasi, Sonora.Id - Kementerian Sosial merespon cepat kejadian gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan magnitudo 7,4 yang mengguncang Barat Laut Larantuka-NTT, hari ini Selasa (14/12).

Segera setelah kejadian gempa, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengecek gudang bantuan Kemensos di Bekasi.Tampak Mensos langsung memberikan komando kepada petugas lapangan untuk membongkar tumpukan bantuan, dan memindahkan barang ke bak truk.

Bantuan Kemensos akan dikirimkan ke Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Flores dan Kabupaten Sikka), Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Kendari).

Petugas gudang sibuk memindahkan barang dari gudang ke atas truk. Untuk pengiriman, Mensos melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Mensos melakukan panggilan telepon dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memastikan pengiriman barang bantuan dapat terkirim dengan segera melalui tol laut.

"Saat ini kebutuhan yang paling ditunggu adalah makanan. Jadi bagaimana makanan bisa cepat diterima warga. Makanya tadi saya telepon Pak Menhub untuk menjajaki kemungkinan pengiriman barang melalui tol laut," kata Mensos (14/12).

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengecek stok logistik milik Kemensos di Gudang Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/12/21)
Untuk memastikan barang terkirim dengan cepat, Mensos juga menghubungi beberapa Kepala Balai Kemensos yang paling mungkin menjangkau lokasi bencana. Di antara yang dihubungi adalah Kepala Balai Effata Kupang Wahyu Dewanto, Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin, Kepala Balai Toddopuli Makasar Christina Junus, dan Kepala Balai Paramitha Mataram Ketut Supena.

Kepada para kepala balai, Mensos meminta mereka menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana. Di antaranya dengan menyiapkan gudang untuk menampung bantuan yang akan tiba.

Baca Juga: 5 Gempa Terdahsyat di Dunia, Aceh - Indonesia Berada Diurutan ke-3

Mereka juga diminta untuk membagikan bantuan setiba di lokasi bencana. "Nanti kalau bantuan tiba, tolong langsung dibagikan ya. Kalau mereka ada di tempat evakuasi langsung dibagikan. Jangan sampai mereka turun karena sangat berbahaya," katanya.

Dalam penjelasannya kepada media, Mensos menyatakan, bantuan berupa makanan siap saji, makan anak, tenda keluarga, tenda besar, kelengkapan anak, selimut, dan peralatan dapur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm