Ampuh Atasi Kebosanan Anak Dirumah, Ini Hal yang Perlu Dilakukan

21 Desember 2021 13:35 WIB
Ilustrasi kegiatan orangtua bersama anak di rumah.
Ilustrasi kegiatan orangtua bersama anak di rumah. ( )

Sonora.ID Pandemi serba membatasi aktivitas sosial. Tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga anak. Situasi ini, dengan atau tanpa disadari, memengaruhi kondisi mental mereka.

Jika di masa pra pandemi anak dapat pergi sekolah, bermain, dan bersosialisasi secara bebas, saat ini kesempatan tersebut sangat terbatas. 

Sekolah yang belum sepenuhnya dilaksanakan secara luring pun membuat mereka semakin jarang bertemu dan bersosialisasi dengan kawan sebaya.

Semakin dilematis, apabila mempertimbangkan untuk membawa anak ke luar rumah. Belum semua anak mendapatkan vaksin. 

Baca Juga: 5 Tips Liburan Natal Anti Bosan saat di Rumah Bersama Keluarga

Lantas, sebagai orangtua, diperlukan beragam upaya untuk membuat kegiatan di rumah tetap menyenangkan walau tanpa teman sebaya atau ruang eksplorasi yang luas.

Keluwesan dalam memanfaatkan benda di dalam rumah adalah kuncinya. Berikut kami telah merangkum beberapa ide aktivitas yang dapat dipraktikkan bersama anak di rumah.

1. Membuat eksperimen sains sederhana

Bermain sekaligus belajar adalah definisi yang tepat untuk menggambarkan ‘eksperimen sains’. Secara alamiah, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Terutama di rentang usia 2-3 tahun, lalu berlanjut ke 4-5 tahun. Eksperimen sains adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjawab keingintahuan mereka.

Carilah referensi terkait eksperimen sains sederhana baik di buku, majalah, hingga platform pemutar video yang sekiranya sesuai dengan minat dan ketertarikan sang anak.

Layaknya praktikum sains yang sebenarnya, eksperimen sederhana pun berpotensi untuk gagal. Keberhasilan atau kegagalan tersebutlah yang dapat menjadi bahan diskusi menarik bersama anak.

Baca Juga: Bosan Masakan Gitu-gitu Aja, Cobain Nih Resep Kangkung Campur Daging Kambing Masak Saus Tiram

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.