Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru 24 Desember 2021

22 Desember 2021 15:33 WIB
Suasana lengang di Gerbang Tol PT Jasamarga, Tbk
Suasana lengang di Gerbang Tol PT Jasamarga, Tbk ( Dok PT Jasamarga, Tbk)

Jakarta,Sonora.Id -  Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik jelang Hari Raya Natal pada tanggal 24 Desember 2021 meningkat sebesar 34,5 persen dari lalu lintas normal November.

Sementara, arus balik diprediksi terjadi tanggal 2 Januari juga akan mengalami peningkatan sebesar 26,5 persen dari lalu lintas normal.

Hal itu disampaikan Operation and Maintenance Management (OMM) Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita dalam Konferensi Pers secara daring Jasa Marga Siaga Operasional NATARU, Rabu (22/12/21).

"PT Jasamarga akan mengantisipasi potensi adanya peningkatan volume lalu lintas sekitar diatas  30 persen dari lalu lintas normal, dan diprediksi puncaknya di tanggal 24 Desember," kata Atika.

Sedangkan untuk arus kembali ke Jabotabek jatuh pada hari Minggu, 2 Januari 2022, dengan volume lalin meningkat 26,5% dari lalin normal periode November 2021.

"Prediksi baik untuk kendaraan yang meninggalkan maupun kembali ke Jabotabek paling terbesar adalah menuju/dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa dan Bandung,” ujar Atika.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, Jasa Marga melakukan sejumlah antisipasi kepadatan lalu lintas di antaranya mengoptimalkan kapasitas lajur dan memastikan bahu jalan bersih dari gangguan kendaraan serta menangani lokasi rawan kepadatan yang telah diidentifikasi di sejumlah ruas jalan tol Jasa Marga Group.

“Kami juga mengentikan sementara pekerjaan konstruksi yang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas di jalan tol sesuai dengan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," tambahnya.

Baca Juga: PT Jasamarga Pastikan Kesiapan Operasi Selama Libur Nataru

Di tengah kondisi curah hujan yang tinggi seperti saat ini, Jasa Marga juga melakukan upaya kuratif dan preventif genangan di jalan tol, di antaranya inspeksi dan pembersihan rutin, pengerukan kolam retensi dari sedimentasi dan sampah, penyiagaan pompa submersible, perkuatan tanggul di lokasi rawan genangan hingga pengembangan aplikasi sistem peringatan dini dan pemasangan sensor deteksi ketinggian muka air.

Sejalan dengan prediksi peningkatan lalu lintas di lajur jalan tol, maka diproyeksikan pengunjung rest area juga akan meningkat. Untuk mengantisipasi potensi lonjakan pengunjung di rest area.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business Meta Herlina menjelaskan, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pelaksanaan buka/tutup rest area serta tetap menerapkan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di rest area.

“Saat ini kami dalam tahap mempersiapkan pos layanan Nataru bersama Jasa Raharja untuk pengecekan tekanan ban dan layanan pengecekan kesehatan di sejumlah rest area di Jalan Tol Trans Jawa. Kemudian Jasa Marga bersama Pertamina juga menyediakan lokasi cek antigen di Rest Area Km 575 A Jalan Tol Solo-Ngawi. Masih dengan Pertamina, kami juga menyediakan BBM Modular/Pertashop dan BBM Kemasan dengan Motoris,” kataMeta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm