5 Langkah Mudah Memeriksa Kesehatan Testis, Sudah Pernah Praktekkan?

3 Januari 2022 11:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi ( pixabay.com / derneuemann)

Sonora.ID - Testis, organ oval seukuran biji yang dibalut skrotum, merupakan salah satu bagian terpenting dalam alat reproduksi pria yang membuat sperma dan hormon testosteron.

Maka dari itu, penting juga bagi setiap pria mengetahui cara memeriksa kesehatan testis agar dapat lebih dulu menyadari penyakit yang mungkin saja diderita.

Tak hanya diperiksa oleh dokter, Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengetahui hal tersebut di rumah.

Sebagian besar testis pria memiliki ukuran yang hampir sama, namun tetap ada kemungkinan testis seseorang lebih besar atau kecil atau satu testis menggantung lebih rendah dari yang lain dan hal tersebut merupakan hal yang normal.

Baca Juga: 5 Ciri Fisik Laki-Laki Mandul, Salah Satunya Testis Kecil dan Kencang?

Melansir dari laman web NHS (National Health Service), testis yang sehat seharusnya terasa halus, tanpa benjolan, dan kencang tetapi tidak keras.

Anda sangat disarankan untuk melakukan pengecekan pada testis secara rutin, setidaknya sebulan sekali, baik ke dokter ataupun sendiri.

Apabila Anda mengalami adanya benjolan dan pembengkakan testis, hal itu dapat disebabkan karena beberapa hak, di antaranya adalah:

  • Varikokel, disebabkan oleh pembuluh darah yang membesar di testis dan kemungkinan terlihat seperti kantong cacing
  • Hidrokel, pembengkakan yang disebabkan oleh cairan di sekitar testis
  • Kista epididimis, benjolan yang disebabkan oleh kumpulan cairan di epididimis
  • Torsi testis, pembengkakan menyakitkan tiba-tiba yang terjadi ketika testis menjadi bengkok. Hal ini adalah keadaan darurat medis dan memerlukan pembedahan sesegera mungkin.
  • Epididimitis, infeksi klamidia di epididimis dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan dan nyeri tekan di dalam skrotum
  • Kanker testis, penyebab benjolan yang tidak umum

Baca Juga: Mujarab! Begini 3 Cara Membuat Obat Kuat Alami dengan Bawang Putih

Sementara itu, untuk mengecek kemungkinan lebih dini, ikuti beberapa langkah mudah dan tak menyakitkan mengenai cara memeriksa kesehatan testis dilansir dari WebMD berikut ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.