Apakah Aman Investasi Saham dengan Utang? Ini Kata Ryan Filbert

11 Januari 2022 19:10 WIB
Aman investasi saham dengan utang
Aman investasi saham dengan utang ( unsplash.com)

Sonora.ID - Tidak jarang orang akan memiliki utang terlebih dahulu saat ingin melakukan investasi saham.

Biasanya, utang ini diajukan ketika nilai investasi saham sedang jatuh dan berada di nilai yang cukup murah. Hal tersebut tentu membuat investor tergiur untuk membeli saham meskipun harus berutang terlebih dahulu.

Tetapi, apakah aman melakukan investasi dengan utang? Berdasarkan penjelasan Ryan Filbert yang sudah lama terjun sebagai Inspirator Investasi, melakukan tanam modal dengan utang sebenarnya sah-sah saja.

Tetapi, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh investor ketika akan memiliki utang untuk melakukan investasi saham.

Melalui program Smart Business Talk, Ryan pun menjelaskan tentang 3 hal penting yang wajib diperhatikan jika ingin investasi saham dengan utang.

1. Ketahui Target Berjangka

Berdasarkan penjelasan Ryan, banyak sekali yang memiliki utang untuk melakukan trading saham karena investasi adalah aktivitas jangka panjang.

Maka dari itu, berutang untuk investasi saham sebenarnya jarang terjadi karena lebih banyak yang melakukan trading saham dengan untung yang mencukupi dalam jangka pendek.

Jika memang ingin melakukan trading saham dengan utang untuk mendapatkan keuntungan, maka pahami dulu hasil yang akan diberikan.

Baca Juga: Sukses di Dunia Bisnis, Kata Tung Desem Waringin 'Belajar dari Orang yang Benar'

Trading saham dengan utang dapat dikatakan worth it ketika seseorang mendapatkan hasil dua kali lipat dari hasil modal pinjaman yang ada.

2. Pahami Valuasi Harga Saham

Seperti yang sudah disebutkan bahwa banyak sekali investor yang membeli investasi saham ketika harganya sedang rendah, sehingga rela memiliki utang.

Hal ini sangat wajar menurut Ryan karena memang saham dengan harga murah sudah pasti menggiurkan.

Tetapi, investor harus memahami valuasi harga saham terlebih dahulu sebelum membeli instrumen investasi tersebut.

3. Aman bukan Berarti Harus Dilakukan

Ryan mengatakan bahwa investasi saham dapat dibeli sesuai dengan slot atau lembaran yang tersedia di bursa efek.

Berdasarkan hal tersebut, Inspirator Investasi ini lebih menyarankan untuk membeli saham dengan cara mencicil daripada harus berutang.

Investasi saham dengan utang memang aman untuk dilakukan, tetapi karena ada pilihan mencicil investasi saham, lebih baik untuk mengikuti saran Ryan saja.

Baca Juga: 4 Jenis Risiko Kripto, Ryan Filbert: Pelaku Pasar Menjadi Kunci Utamanya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm