Resmikan Koopsudnas, KASAU: Upaya Optimalkan Tugas Pertahankan Wilayah Udara NKRI

28 Januari 2022 19:45 WIB
Resmikan Koopsudnas, KASAU: Upaya Optimalkan Tugas Pertahankan Wilayah Udara NKRI
Resmikan Koopsudnas, KASAU: Upaya Optimalkan Tugas Pertahankan Wilayah Udara NKRI ( Sonora/Theresia Olivia)

Sonora.ID - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) di Kompleks Skuadron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pembentukan Koopsudnas merupakan langkah pengoptimalan tugas dan peran TNI AU dalam pertahanan wilayah udara NKRI.

"Tujuan pembentukan komandon utama ini adalah untuk mengoptimalkan tugas dan peran TNI Angkatan Udara dalam rangka mempertahankan wilayah udara NKRI yang sebelumnya dilaksanakan oleh Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dibawah Panglima TNI lalu operasi udara, dukungan udara, operasi angkatan udara dan lain sebagainya dilaksanakan oleh Korps AU I II dan III, dan juga tugas-tugas yang dilaksanakan," jelas Fadjar ketoke ditemui usai upacara peresmian Koopsudnas di Lapangan Apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat (28/01/2022).

Fadjar pun berharap dibawah kendali Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono lebih optimal dari segi kekuatan dan pertahanan udara.

"Dengan adanya Koopsudnas ini, disatukan dibawah kendali Pangkoopsudnas berbintang tiga, dalam hal ini Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra. Dengan adanya ini, diharapkan kita lebih optimum dalam menggunakan kekuatan udara, baik pertahanan udara, dimana ada radar, pesawat buruh sergap, dan rudal hanud," ungkapnya.

Flight Information Region (FIR) Indonesia-Singapura Dinilai Sebagai Kesepakatan Terbaik

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pun angkat bicara terkait Indonesia-Singapura yang diketahui telah meneken kesepakatan ruang udara atau Flight Information Region (FIR) di Kawasan Natuna.

Menurutnya hal tersebut merupakan keputusan terbaik.

"Tentunya sangat terkait dengan tugas-tugas FIR setelah diteken, tentunya kita menyesuaikan dan kita bekerjasama dengan stakeholder terkait seperti Airnav. ini semua intinya untuk keamanan, pertahanan dan keselamatan penerbangan juga," kata Fadjar.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Sarana Operasional Satuan Jajaran TNI AU, Kasau Serahkan 182 Unit Randis

Untuk itu, Fadjar menginstruksikan seluruh jajaran TNI AU, untuk segera melakukan proses transsisi dan pembinaan Flight Information Region (FIR) secara komprehensif.

Fadjar juga mendorong personel Koopsudnas untuk harus segera menyesuaikan diri, dengan tugas dan tanggung jawab yang baru, dan berkoordinasindengan para stakeholder terkait.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm