Pemprov Maluku Ekspansi Pasar Produk UMKM, Dari Herbal Hingga Tenun

5 Februari 2022 15:35 WIB
Tenun khas Maluku menjadi salah satu produk UMKM unggulan yang menarik perhatian pengunjung Maluku Baileo Expo di Mall Ratu Indah Makassar
Tenun khas Maluku menjadi salah satu produk UMKM unggulan yang menarik perhatian pengunjung Maluku Baileo Expo di Mall Ratu Indah Makassar ( Istimewa)

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah Provinsi Maluku menjemput bola untuk memasarkan produk UMKMnya.

Salah satunya melalui pameran Maluku Baileo Exhibition yang secara resmi dibuka Wakil Gubernur Maluku, Barnabas N Orno di Mall Ratu Indah Makassar, Jumat (4/2/22). Event ini berlangsung selama tiga hari hingga 6 Februari.

Sedikitnya 250 produk unggulan dari 66 UMKM Provinsi Maluku dipamerkan dalam event akbar tersebut. Beberapa diantaranya yakni herbal, kuliner, kerajinan, fashion, dan beragam potensi sumber daya alam Maluku lainnya.

Selain pameran UMKM, event ini juga dimeriahkan dengan fashion show kain tenun khas Sulsel dan Maluku, pertunjukan musik, games, hingga doorprise.

Barnabas Orno mengatakan, Maluku Baileo Exhibition adalah event pertama kali yang dibuat untuk memperkenalkan potensi daerahnya.

Sulawesi Selatan dipilih menjadi tempat "pelaksanaan karena merupakan hub Kawasan Indonesia Timur.

"Provinsi Maluku ingin menjalin kerjasama dengan provinsi lainnya di Kawasan Timur Indonesia, dan mendorong kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia timur," ujar Barnabas Orno.

Baca Juga: Pemprov Maluku Promosikan Produk UMKM dan Sektor Unggulan di Sulsel

Pihaknya menilai, Sulawesi Selatan termasuk Provinsi yang berkembang sangat signifikan. Hal itu ditandai banyak perusahaan besar yang berinvestasi di Sulsel.

Karena itu, pihaknya membuka kerjasama business to business dengan Sulsel untuk jangan panjang.

"Kami berharap, Maluku bisa belajar lebih banyak kepada Sulsel, dan ada kerjasama bisnis to bisnis yang lebih konkrit ke depannya. Kami akan terus memperbaharui iklim investasi di Maluku," ujarnya.

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari, mengapresiasi pelaksanaan event Maluku Baileo Exhibition di Makassar.

Iapun berharap, ada tindaklanjut dalam bentuk kerjasama setelah pelaksanaan exhibition ini.

"Kita harap, ada tindaklanjut ke depannya. Tidak hanya sampai tahap pameran ini saja," kata Ichsan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm