Usai Direvitalisasi, Gunung Kemukus Sragen Kini Makin Diminati Wisatawan

7 Februari 2022 13:20 WIB
Gunung Kemukus yang tampak instagramable usai direvilasasi
Gunung Kemukus yang tampak instagramable usai direvilasasi ( Kompas.com)

Solo, Sonora.ID - Gunung Kemukus yang terletak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah sebelumnya dikenal sebagai tempat ritual dengan praktik seks terselubung.

Gunung Kemukus tepatnya berada di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyrakat, konon peziarah yang datang harus menjalani ritual berhubungan intim dengan yang bukan pasangannya agar mendapat berkah dari Pangeran Samudra yang dimakamkan di Gunung Kemukus.

Namun, stigma itu seolah sudah sirna pada tahun 2022 ini. Hala itu karena Gunung Kemukus makin dipercantik, sehingga makin instagramable dan dikunjungi banyak wisatawan.

Gunung Kemukus kini menjadi alternatif pilihan tempat wisata setelah direvitalisasi, terdapat dek di pinggir sungai yang memanjang dari selatan ke utara dan deretan lampu-lampu taman pun menghiasinya, membuat suasana makin tampak instagramable.

Baca Juga: Sate Kelinci Legendaris Pak Peng Sragen, Langganan Anak Presiden

Karena hal ini juga Gunung Kemukus kini banyak dikunjugi wisatawan yang datang, terutama pada akhir pekan dan malam minggu sekitar pukul 16.00 WIB hingga malam hari.

Dari Kota Solo, jarak tempuh menuju Gunung Kemukus adalah sekitar 29 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam dengan rute yang tidaklah sulit karena berada di samping jalan utama Solo-Purwodadi (Kabuparen Grobogan).

Rute paling mudah untuk di lalui adalah adalah dengan memulai perjalanan dari Palang Joglo di Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Lurus terus ke arah utara (Purwodadi) dan ikuti jalan utama sejauh sekitar 22,5 km dari Simpang Joglo. Dan setelah menyeberangi rel kereta api (Perlintasan Kereta Api Doyong) di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, siap-siap untuk belok kiri.

Dan hanya sekitar 1,4 km saja dari palang pintu kereta api, akan ada pertigaan dengan gapura di sebelah kiri jalan utama, lalu belok kiri dan masuk gapura.

Nantinya akan ada jembatan dan setelah melewati jembatan tersebut anda akan sampai tujuan, yaitu Gunung kemukus.

Untuk tiket masuknya sendiri sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp 5.000 per orang saja.

Dan pada saat malam hari cahaya lampu – lampu yang menerangi Gunung Kemukus yang di pantulakan air sungai akan terlihat sangat tampak indah di mata.

Baca Juga: Sakit Tak Kunjung Sembuh, Seorang Nenek Di Sragen Akhiri Hidup Dengan Gantung Diri

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm