Serentak di Seluruh Provinsi, BKKBN Riau Gelar Pengabdian Masyarakat di Lapas/Rutan Pekanbaru

7 Februari 2022 14:55 WIB
BKKBN Provinsi Riau gelar kegiatan penyuluhan di lapas kelas II A Pekanbaru
BKKBN Provinsi Riau gelar kegiatan penyuluhan di lapas kelas II A Pekanbaru ( IG BKKBN Riau)

Pekanbaru, Sonora.ID - BKKBN Provinsi Riau menggelar kegiatan penyuluhan di lapas kelas II A Pekanbaru pada Sabtu (5/02/2022).

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 30 Provinsi di Indonesia dengan berbagai kegiatan yang telah disusun.

Sukirman selaku ketua panitia dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat.

Beliau juga menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan kepada penghuni lapas/rutan.

Bentuk kegiatan dalam pengabdian ini diantaranya layanan kesehatan berupa pengobatan penyakit massal, vaksin di 47 titik lapas di seluruh provinsi di Indonesia, penyuluhan kerohanian, dan penyuluhan kesehatan lainnya.

Budi Sulistya selaku perwakilan asosiasi TNI Polri yang turut mendukung kegiatan ini menyampaikan, bahwa pelayanan  ini bisa terlaksana karena visi yang sama yakni untuk mengabdi kepada negeri yang dicintai ini.

Sementara itu, Kepala BKKBN Pusat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan di lapas perempuan.

Baca Juga: BINDA Riau Selenggarakan Vaksin Booster Massal, Ada 15.000 Astrazeneca

 "Saat ini ada kegiatan juga di lapas perempuan seperti layanan kesehatan reproduksi terkait deteksi dini terhadap penyakit keganasan. Tentunya ini masih berkaitan dengan Stunting yang telah dipercayakan kepada kami di BKKBN. Ini juga merupakan suatu hal yang luar biasa mengingat perempuan merupakan kunci suksesnya sebuah keluarga,” ujarnya.

Dengan dipilihnya lapas sebagai sasaran diadakannya kegiatan ini, Edward Omar Syarif selaku Wamenkumham mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait.

"Saya kemarin baru saja mengunjungi rutan di medan dan menemukan rutan dengan kapasitas 1.300 orang dihuni oleh 3.400 orang warga binaan. Ternyata untuk sementara utara sendiri jika di total seluruhnya rutan yang ada hanya bisa menampung 13.000 warga binaan, tapi nyatanya penghuninya ada 35.000. kelebihannya mencapai 300%. Nah dengan keterbatasan tempat yang ada, tentunya penerapan protokol kesehatan pun sulit untuk dilakukan. Saya berharap setelah diadakannya kerjasama dengan pihak BPJS kita bisa menemukan solusi dari masalah ini" jelasnya.

Khususnya di Provinsi Riau kegiatan ini diadakan di lapas kelas II A Pekanbaru. Kegiatan yang bertema "Berkolaborasi Untuk Mengabdi Dengan Hati" ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Kagamadok, Kemenkumham, Asosiasi TNI Polri, Kaseindo, beserta seluruh jajaran yang terlibat.

Untuk Provinsi Riau, kegiatan ini dilakukan secara terpisah di dua tempat yakni di lapas kelas II A Pekanbaru khusus warga binaan laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Gelar Vaksin Anak, Disdik Pekanbaru: Vaksin untuk Anak Tidak Berbahaya

Untuk lapas kelas II A khusus warga binaan laki laki, diadakan kegiatan vaksin massal dan layanan kesehatan penyakit ringan.

Sementara di lapas kelas II A khusus perempuan, BKKBN memfasilitasi kegiatan layanan kesehatan dengan mengadakan layanan KB untuk warga binaan dan warga di sekitar lapas, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan sosialisasi dari GenRe Indonesia Riau.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm