Puncak Saka Negeri Diatas Awan di Kulonprogo, Sajikan Pemandangan Sawah dan Keindahan Merapi Merbabu

9 Februari 2022 16:52 WIB
Keluarga pasangan public figure Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo menikmati indahnya panorama Puncak Saka, Klajoran, Nanggulan, Kulon Progo.
Keluarga pasangan public figure Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo menikmati indahnya panorama Puncak Saka, Klajoran, Nanggulan, Kulon Progo. ( IG Puncak Saka)

Kulon Progo, Sonora.Id - Keberadaan Bukit Menoreh di Kabupaten Kulonprogo sebuah kabupaten di sebelah barat Kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota menyimpan potensi keindahan alam yang menarik dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Puluhan destinasi wisata kini hadir di kabupaten paling barat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah.

Kini destinasi baru kembali hadir di Kulon Progo dengan keberadaan Puncak Saka yang dijuluki sebagai Bukit Bintangnya Kulonprogo. Destinasi Puncak Saka terletak di Dusun Klajoran, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Wisata Kulon Progo, Yang Wajib Anda Kunjungi bersama Keluarga!

Pengelola dan Pencetus Destinasi Wisata Puncak Saka, Mangun Riyadi (44) menuturkan kepada Wartawan Radio Sonora, Jakarta Stanislaus Jumar Sudiyana, ide membuat destinasi wisata Puncak Saka berawal dari sebuah keterpurukan usahanya, namun ia bangkit bersama masyakarat desanya untuk berjuang bersama mengais rezeki dan menciptakan lapangan kerja.

Dalam wawancara ini, dia juga bicara soal filosofi sang ayah guna menggapai mimpi dan tujuan dengan 3T "TEMEN,TEKUN,TEKAN". Berikut petikan wawancara lengkapnya:

Apa yang menginspirasi anda mengelola Puncak Saka?

Potensi alam yang dianugerahkan oleh Tuhan di sini dengan pemandangan bagus dan latar belakang hamparan sawah yang hijau, pemandangan gunung kembar Merapi-Merbabu dari kejauhan hingga kelip-kelip lampu di Kota Godean, Sleman dan Kota Yogyakarta mirip Bukit Bintang yang mempesona.

Apa kemudian latar belakang anda mewujudkan ide gila ini, menyulap hutan yang angker menjadi destinasi wisata?

Momentum bisnis aneka kuliner dengan pemandangan indah bernuansa alam. Saya berdiskusi dengan teman-teman dan masyarakat sini untuk bersama-sama mencari rezeki, sehingga berkolaborasi memimpikan dan mewujudkan ide bersama. Dalam bahasa Jawa "bareng-bareng piye caranya golek rezeki bareng atau bahasa kerennya memberdayaan masyarkat lokal.

Sebuah kesuksesan berawal dari sebuah keterpurukan dan kegagalan?

Saya awalnya berbisnis ternak ayam potong, sampai suatu ketiga merugi kemudian banting setir menjadi pedagang ayam keliling dari kampung-kampung dijual ke pasar hingga sempat memiliki 8 gerai/lapak dagangan. Dari 8 gerai itu bisa menabung sedikit-sedikit hingga merambah dagang sayur-sayuran dan jualan pisang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm