Jadi Makin Susah dan Panjang! Bangkok Akan Ganti Nama Menjadi 'Krung Thep Maha Nakhon'

17 Februari 2022 16:00 WIB
Thailand
Thailand ( Bangkokpost)

Sonora.ID - Nama resmi ibu kota Thailand dalam bahasa Inggris diubah dari “Bangkok” menjadi “Krung Thep Maha Nakhon” yang merupakan nama yang sama yang digunakan dalam bahasa Thailand.

Melansir Thainews, Kabinet kemarin pada prinsipnya menyetujui rancangan pengumuman Kantor Perdana Menteri tentang judul negara, wilayah, wilayah administratif, dan ibu kota yang diperbarui.

Pembaruan baru ini, yang diusulkan oleh Kantor Royal Society (ORST), mencakup perubahan judul resmi ibu kota Thailand dalam bahasa Inggris dari Bangkok menjadi 'Krung Thep Maha Nakhon', dengan tulisan "Bangkok" yang disimpan di dalam tanda kurung.

Baca Juga: Buset! Ada 18 Jenis Kelamin yang Diakui di Thailand, Apa Saja, Tuh?

Kantor Royal Society mengatakan pembaruan ini akan memungkinkan lembaga pemerintah untuk menggunakan gelar yang sama yang lebih mencerminkan situasi saat ini.

Nama “Bangkok” dapat terus digunakan untuk merujuk ke ibu kota Thailand, bahkan setelah pembaruan resmi ini berlaku.

Melansir Thaipbsworld, “Bangkok” telah digunakan sejak November 2001. Itu berasal dari daerah lama Bangkok, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan besar ibu kota, distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai.

Dalam pengumuman yang sama, ORST mencantumkan ejaan resmi Thailand untuk kota-kota lain, yaitu ejaan Thailand untuk Kuala Lumpur, Roma, Nay Pyi Taw, Kathmandu, dan ejaan Thailand untuk Negara Palestina.

Wakil juru bicara pemerintah Ratchda Dhanadirek pada hari Rabu mengatakan tidak ada yang berubah dalam penamaan ibu kota.

Nama Thailand Krung Thep Maha Nakhon hanya akan digunakan sebagai nama resminya. Nama Bangkok masih akan dikenali dalam tanda kurung, jelasnya di halaman Facebook-nya.

Di halaman Facebook-nya, Kantor Royal Society juga memposting pesan bahwa kedua nama tersebut dapat digunakan, Krung Thep Maha Nakhon dan Bangkok, setelah pengumuman perubahan nama tersebut menuai kritik publik.

Baca Juga: WAH! Bikin Geleng-Geleng, 5 Fakta Unik Thailand, Ibu Kota Transgender

Bangkok bukanlah satu-satunya kota di dunia yang mengganti nama, sebelumnya ada beberapa kota yang telah ganti nama.

Misalnya New York yang dulunya adalah New Amsterdam, Toronto yang awalnya adalah York, Ho Chi Minh City yang awalnya Saigon, Instanbul yang asalnya bernama Konstantinopel, dan banyak lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm