Akan Serang Permukiman Kiev, Rusia Minta Warga yang Tinggal Untuk Pergi Lantaran Tak Ingin Lukai Penduduk Ukraina

28 Februari 2022 22:02 WIB
Tentara Ukraina berjalan melewati puing-puing truk militer yang terbakar di jalan di Kiev, Sabtu (26/2/2022). Pasukan Rusia menyerbu ke arah ibu kota Ukraina dan pertempuran jalanan pecah saat pejabat kota mendesak penduduk untuk berlindung.(AP PHOTO/EFREM LUKATSKY)
Tentara Ukraina berjalan melewati puing-puing truk militer yang terbakar di jalan di Kiev, Sabtu (26/2/2022). Pasukan Rusia menyerbu ke arah ibu kota Ukraina dan pertempuran jalanan pecah saat pejabat kota mendesak penduduk untuk berlindung.(AP PHOTO/EFREM LUKATSKY) ( )

Sonora.ID - Rusia nampaknya akan segera melakukan penyerangan di Permukiman Kiev sebelum itu terjadi para tetara memperingatkan warga sipil untuk segera meninggalkan ibu kota Kiev.

Negara Rusia tak menginginkan korban jiwa dari pihak penduduk sipil dan bahkan menjamin keamanan warga sipil yang tinggal di Ibu Kota Kiev.

"Semua warga sipil di kota dapat dengan bebas meninggalkan ibu kota Ukraina di sepanjang jalan raya Kiev-Vasylkiv. Jalur ini terbuka dan aman," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dalam pidato yang disiarkan televisi.

Dalam hal ini kantor berita AFP melaporkan, Basylkiv terletak dibarat dya Kiev.

Konasenkov mengisaratkan bahwa Rusia sedang bersiap menargetkan wilayah sipil Kiev dan mengklaim bahwa pasukan Ukraina sedang mengunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Baca Juga: Innalillahi, Pesawat Terbesar di Dunia Hancur di Ukraina

Sebab pihak Ukrainan justru meminta kepada seluruh warga Kiev agar tetap dirumah dan mematuhi jam malam.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah Ukraina dan menjadikan warga sipil sebagai pelindung nasionalis yang menempatkan detasemen artileri dan peralatan militer di daerah pemukiman penduduk.

Konashenkov menambahkan bahwa Kiev dikuasai oleh gerombolan penjarah, perampok, dan nasionalis yang mendapat senjata dari otoritas setempat.

Seraya menyatakan kemajuan militer Moskwa, Konashenkov mengeklaim bahwa Rusia unggul atas seluruh wilayah Ukraina.

Dilain sisi di tenggara Ukraina, pasukan Rusia menguasai kota pelabuhan Berdyansk dan kota Energodar, yang memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir besar, kata Konashenkov.

Pasukan Rusia juga mengawal pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang terus beroperasi dan tingkat radiasinya normal, kata juru bicara militer.

Baca Juga: Innalillahi, Pesawat Terbesar di Dunia Hancur di Ukraina

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Akan Serang Permukiman Kiev, Minta Warga Sipil Ukraina Segera Pergi",

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm