5 Menu Sarapan yang Bisa Menyebabkan Peradangan, Jangan Disepelekan!

23 Maret 2022 16:35 WIB
( )

 

Sonora.ID - Beberapa menu sarapan sering kali disepelekan, jika salah memilih menu sarapan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Dari segi kesehatan, peradangan bisa baik dan buruk tergantung situasinya. Di satu sisi, peradangan adalah cara alami tubuh untuk melindungi diri saat terluka atau sakit.

Peradangan kronis dalam jangka panjang timbul kerusakan besar mulai dari peningkatan risiko penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Ternyata, sarapan yang Anda makan bisa sangat memengaruhi peradangan di tubuh lho.

Berikut ini adalah beberapa sarapan yang bisa menyebabkan peradangan:

Baca Juga: Resep Simple Lauk Sarapan, Ini Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi

  1. Daging Olahan

Mengkonsumsi daging olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, serta kanker perut dan usus besar. Jenis daging olahan yang biasanya dikonsumsi saat sarapan adalah sosis, bacon. Bacon dan sosis merupakan makanan olahan yang tinggi lemak jenuh dan mampu memicu inflamasi. Hanya saja, rasa enak keduanya tidak dibarengi dengan manfaat buat tubuh. Orang yang makan lebih banyak daging merah dan daging olahan memiliki risiko kematian lebih besar berkaitan dengan kanker dan masalah kardiovaskular.

  1. Oatmeal instan

Oatmeal terbuat dari oat yang direbus bersama dengan air atau susu. Anda mungkin merasa  jika mengonsumsi sarapan oatmeal termasuk makanan 'sehat'. Hanya saja, kata 'sehat' sepertinya tidak layak disematkan pada oatmeal instan. Namun apakah Anda tahu oatmeal instan sebenarnya sarat dengan lemak trans, gula dan pengawet? komponen ini dapat membuat oatmeal Anda tidak sehat dan menyebabkan peradangan.

  1. Kopi dengan tambahan gula

Minum kopi adalah kebutuhan wajib bagi sebagian besar orang. Jika Anda menambahkan gula, atau cream dan caramel misalnya, kopi Anda bisa lebih membahayakan lho. Gula tambahan yang dipakai pada makanan atau minuman adalah produk olahan yang sifatnya kurang baik untuk kesehatan. Tidak masalah jika kopi dijadikan menu sarapan, tetapi sebaiknya katakan tidak pada kopi dengan gula tambahan.

  1. Ayam goreng dan Kentang goreng

Ayam goreng dan kentang goreng adalah contoh makanan cepat saji yang termasuk jenis lemak trans buatan. Lemak trans buatan bisa dikatakan adalah lemak yang tidak sehat untuk Anda konsumsi. Lemak ini terbuat melalui proses hidrogenasi, yaitu pengubahan minyak menjadi lemak padat. Jika terlalu berlebihan mengkonsumsi lemak trans buatan dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa penyakit kronis lainnya.

  1. Croissant

Jenis roti yang yang berasal dari negara Prancis satu ini, sebenarnya memiliki rasa yang begitu lezat dan sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan. Namun sebaiknya dihindari saat sarapan, karena sebagian besar produk pastry hanya mengandung gula dan lemak. Selain itu, croissant juga mengandung karbohidrat olahan yang memang bisa meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan respons peradangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm