Apindo: Ini Dua Potensi Sumsel yang Perlu Digarap secara Maksimal

29 Maret 2022 17:15 WIB
Apindo: Ini Dua Potensi Sumsel yang Perlu Digarap secara Maksimal
Apindo: Ini Dua Potensi Sumsel yang Perlu Digarap secara Maksimal ( Kompas.com)

Palembang, Sonora.ID - Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) merupakan organisasi multi sektor. Salah satu tujuan dibentuknya adalah untuk mewakili pengusaha dalam hubungan industrial atau ketenagakerjaan.

Saat ini Apindo sudah berusia 70 tahun. Ketua Apindo Sumsel, Sumarjono Saragih kepada Sonora (28/03/2022) mengatakan bahwa kepentingan terbesar Apindo adalah untuk perusahaan yang pekerjanya banyak. Hampir semua perusahaan yang padat karya menjadi anggota Apindo. Saat ini ada 70 perusahaan yang bergabung dalam Apindo.

“Bersyukur Sumsel tidak terlalu terdampak akibat pandemi karena diuntungkan harga komoditi yang relatif baik bahkan tinggi. Daya beli masyarakat, ekonomi masyarakat secara umum tidak begitu terdampak. Mungkin ada sektor-sektor khusus yang terdampak seperti pedagang retail, hotel. Tantangan kedepan bahwa kita tidak bisa memisahkan perkembangan domestik dengan global. Perang Rusia-Ukraina suka tidak suka akan berdampak ke kita. Pangan naik, komoditi, bahan-bahan pokok industri naik. Ada potensi kenaikan harga-harga, inflasi, daya beli masyarakat tergerus. Harapan kita, upaya pemerintah memperbaiki daya saing melalui penyederhanaan perizinan, kemudahan investasi harus tetap jalan,” ujarnya.

Pemerintah propinsi Sumsel sebagai bagian dari pemerintah Indonesia perlu terus didorong kontribusinya melalui regulasi-regulasi yang memberikan kemudahan-kemudahan seperti tersedianya infrastruktur yang mendorong percepatan pembangunan pelabuhan samudera Tanjung API-Api agar industri hilir lebih berkembang.

Adanya jalan tol juga sudah meberikan dampak percepatan namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana sumsel membangun trend atau ciri khusus.

“Sumsel arahnya mau ke mana? ke indusrikah atau ke kota spot? Hal ini perlu ditetapkan agar memiliki identitas. Dengan demikian investor akan melihat bila ingin berinvestasi akan selalu ingat sumsel,” tukasnya.

Berdasarkan kondisi sekarang, sumsel ada potensi sebagai kawasan industri baru karena ada areal yang berseberangan dengan laut. Dengan adanya kawasan industri dan pelabuhan maka sumsel berpotensi sebagai kota industry baru di luar Jawa. Selain kota industri Sumsel juga berpotensi sebagai kota pariwisata. Sumsel memiliki sejarah sriwijaya yang kuat. Tinggal bagaimana membangun identitas bahwa sejarah Sriwijaya adanya di sumsel.

“Sesuai amanat munas organisasi maka Apindo sebagai organisasi perusahaan besar terus menjalankan advokasinya. Munas telah mengamanatkan Apindo memberdayakan UMKM. Bagaimana agar kesenjangan antara Apindo dan UMKM bisa diatasi. Ini akan menjadi program utam Apindo lima tahun kedepan,” ujarnya.

Baca Juga: APINDO Dukung Aturan Baru Pembayaran JHT Sementara KSBSI Nilai Momennya Tak Tepat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm