Pemerintah Izinkan Mudik, Dealer Mobil di Solo Raup Untung Berlipat

8 April 2022 14:00 WIB
Ilustrasi mobil
Ilustrasi mobil ( kompas.com)

 

Solo, Sonora.ID - Adanya kebijakan pemerintah mengenai izinkan mudik pada lebaran tahun 2022 ini memiliki dampak pada penjualan mobil di semua wilayah.

Wilayah Solo sendiri sudah beberapa showroom merasakan dampak dari daya tarik masyarakat akan mobil untuk kebutuhan mudik.

Bagian umum dari dealer Nasmoco, Hanung, mengatakan saat ini sudah mulai terlihat adanya peningkatan pembelian mobil. Pada bulan Maret 2022 penjualan ditargetkan bisa mencapai lebih dari 100 unit.

"Sudah terlihat, jadi memang permintaan ini jauh naik signifikan dari bulan kemarin penjualan melebihi target," katanya.

"Di bulan Februari kita jual di bawah 100, di bulan Maret kita bisa menjual hingga 120 unit, jadi naiknya memang cukup signifikan," lanjut Hanung.

Baca Juga: Tinjau Kesiapan Arus Mudik, Komisi V DPR RI Minta Stasiun Balapan Solo Tambah Kereta

Hanung mengatakan bahwa, kebijakan diizinkannya mudik oleh pemerintah ini berpengaruh, terutama lebaran juga jadi momentum bagus untuk penjualan mobil.

"Melihat tren, bulan ini pasti banyak kenaikan. Memang idul fitri menjadi  momentum bagus untuk beli mobil," ucap Hanung.

Dikatakannya, lebaran tahun lalu pandemi masih menyeramkan tidak seperti tahun ini yang semakin berangsur membaik, dalam hal prospek penjualan juga lebih bagus tahun ini.

Dari data penjualan di dealer Nasmoco, mobil keluarga atau MPV, seperti Toyota Avanza, Veloz, serta Innova masih menjadi yang paling banyak diminati dikarenakan cocok untuk mudik yang membawa semua anggota keluarga.

Mobil bekas ikut bergeliat

Disisi lain, selain mobil baru dari dealer mobil bekas dari showroom juga sedang laris manis dipasaran.

Salah satunya penjual mobil bekas di Carsolutions mengatakan ada kenaikan penjualan mobil bekas.

"Cenderung meningkat, dari bulan kemarin ada peningkatan sekitar 20 persen untuk awal puasa," kata penanggung jawab di bursa Carsolutions, Ari Widodo, Rabu (07/04/2022).

Ari mengatakan bahwa dia belum bisa memprediksi bagaimana penjualan di pertengahan puasa nanti namun pihaknya yakin ada kenaikan yang terjadi mengingat kini diperbolehkan mudik oleh pemerintah dan pandemi yang sudah membaik tak semencekam dahulu.

Baca Juga: Pesta Miras Saat Sahur, 3 PSK dan Sekelompok Pemuda Terciduk Razia Polresta Solo

"Ada kenaikan, ini kan udah bebas mudik, ada libur Lebaran juga, pasti banyak yang beli mobil untuk liburan," paparnya.

Padahal, pada penjualan pada bulan kemarin, Ari mengatakan dagangannya hanya laku 147 unit.

Menurut Ari, selama ini pembeli mobil bekas paling banyak didominasi masyarakat yang berasal dari Wonogiri hingga Pacitan.

"Memang iklan kita sampai luar kota Solo dan peminat paling banyak dari Wonogiri dan Pacitan," paparnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm