Anggota Komisi I DPR Dede Indra Bilang Wabah Covid-19 Tingkatkan Budaya Digital

15 April 2022 22:51 WIB
Kominfo menggelar Webinar bertema Wabah Covid19 dan Perkembangan Digital, Kamis (14/4/22)
Kominfo menggelar Webinar bertema Wabah Covid19 dan Perkembangan Digital, Kamis (14/4/22) ( )

Jakarta,Sonora.id - Wabah Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih memberikan hikmah tersendiri terhadap masyarakat yakni dengan meningkatkan manfaat dunia gital dalam menyokong kehidupan sehari-hari.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mengikuti perkembangan dunia digital. Baik umur 60-an maupun umur 18-an tahun, kita harus mengikuti dunia digital," kata Anggota Komisi I DPR RI Dede Indra Permana saat tambil sebagai Keynote Speaker pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator (15/4).

Webinar dengan tema Kreatif dan Produktif di Dunia Digital juga menghadirkan narasumber itu menghadirkan narasumber Creative Director PT Kreasi Komunika Gitamedia Andra Nuryadi dan Konsultan Bisnis Anggi Anggraeni K.

"Hal-hal yang bersifat positif dari pemanfaatan dunia digital adalah produk-produk hasil kerajinan masyarakat yang memang layak untuk dijual dan tampilkan di dunia digital. Juga produk-produk UMKM seperti garmen, dan hijab, bisa dijual melalui media sosial," katanya.

Masyarakat, katanya, perlu menjaga data pribadi dan jangan sampai disebarluarkan karena data pribadi bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk kejahatan. "Pastikan jika kita masuk mall dan lainnya, harus pastika n data pribadi benar-benar berada di tangan yang tepat," ujarnya.

Sebab, problematika dunia digital dan media sosial adalah banyaknya berita-berita tidak benar atau bohong. Jangan sampai masyarakat terprovokasi dengan berita bohong. "Jangan juga terlalu senang dengan undian-undian berhadiah yang belum tentu benar," tegasnya.

Creative Director PT Kreasi Komunika Gitamedia Andra Nuryadi mengatakan Digital platform adalah ruang terbuka yang borderless menjadi tempat di mana arus informasi dapat diakses oleh semua orang.

"Produk berbasis digital memungkinkan melintas batas, mudah di-update, dan mengakomodir proses kolaborasi beberapa jenis kreativitas," katanya.

Digital platform membuka ruang penyimpanan dan pengolahan data dari berbagai produk ekonomi kreatif dengan kemudahan sistem pencarian. Digital platform memberi jaminan atas hak kekayaan intelektual para kreator dan memungkinkan monetisasi dalam format yang lebih up date.

Baca Juga: Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Dukung Guru agar Cakap dalam Karya Tulis di Era Digital

Tips sukses di dunia digital antara lain buatlah brand sendiri, itulah merk “dagang” yang memudahkan audiens mengenal Anda, miliki web atau blog sendiri sebagai toko utama, isi dan update dengan konten.

Anggi Anggraeni K. Konsultan Bisnis mengatakan bisnis digital semakin mencari orang yang kreatif. "Kreativitas telah menjadi salah satu faktor pendorong terpenting dari lingkungan bisnis digital saat ini," katanya.

Dia menjelaskan bisnis semakin mencari orang kreatif yang dapat menawarkan solusi baru dan out-of-the-box untuk masalah yang ada. Perusahaan menjalani proses transformasi digital dengan semakin mengubah cara mereka menggunakan teknologi digital dan mengembangkan model bisnis digital baru yang membantu menciptakan dan menangkap nilai.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm