KPw BI Sumut Imbau Masyarakat Bijak Dalam Berbelanja dan Berhati-hati Menukar Uang

26 April 2022 14:20 WIB
KPw BI Sumut Imbau Masyarakat Bijak Dalam Berbelanja dan Berhati-hati Menukar Uang
KPw BI Sumut Imbau Masyarakat Bijak Dalam Berbelanja dan Berhati-hati Menukar Uang ( Press Release BI Sumut)

Sonora.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) mengimbau masyarakat tetap berbelanja secara bijak guna menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri yang semakin dekat.
 
Kepala KPw BI Sumut Doddy Zulverdi juga menyampaikan informasi terkait perkembangan ekonomi terkini, serta perkembangan pemenuhan kebutuhan uang kartal selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Pada kegiatan Bincang Bareng Media (BBM), Selasa (26/04/2022),
 
Doody menjelaskan, sejalan dengan ekonomi nasional, pemulihan ekonomi Sumut juga terus berlangsung pada tahun 2022 meskipun masih berjalan secara gradual.
 
Pertumbuhan ekonomi Sumut pada tahun 2022 juga masih diperkirakan lebih tinggi dari tahun sebelumnya dengan kisaran 3,7-4,5% didorong oleh terus meluasnya vaksinasi yang dapat mendorong mobilitas dan konsumsi masyarakat, serta tetap tingginya harga komoditas utama yang dapat menjaga kinerja ekspor Sumatera Utara.
 
”Namun tetap perlu diwaspadai sejumlah faktor yang dapat menahan pertumbuhan, seperti merebaknya varian baru COVID-19 dan masih berlanjutnya konflik geopolitik internasional yang dapat mendorong investor untuk berperilaku wait and see,” kata Doddy.
 
 
Doddy menyatakan, peningkatan konsumsi masyarakat, khususnya pada periode Ramadan dan menjelang Idul Fitri, berpotensi mendorong kenaikan harga.
 
Pada Maret 2022, inflasi mencapai sebesar 0,71% (mtm) atau 3,26% (yoy) yang didorong kenaikan harga tanaman hortikultura seperti cabai merah.
 
Berdasarkan pengamatan hingga menjelang Idul Fitri, harga beberapa komoditas seperti minyak goreng dan gula pasir cenderung mengalami peningkatan.
 
Sementara itu, harga komoditas daging sapi, cabai merah, serta cabai rawit terpantau menunjukkan tren penurunan, dan untuk harga komoditas pangan lainnya relatif stabil.
 
”Sebagai antisipasi kenaikan harga pada masa HBKN serta untuk memastikan ketersediaan barang di pasar, TPID Sumut dan TPID Kab/Kota bersama Satgas Pangan dan Bulog telah melaksanakan monitoring harga dan sidak pasar selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Bank Indonesia juga menghimbau agar masyarakat tetap berbelanja secara bijak dan sesuai kebutuhan agar kestabilan harga tetap terjaga,” ungkap Doddy.
 
Doddy menjeelaskan, inflasi Sumut pada bulan April 2022 diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, khususnya pada komponen volatile food (komoditas hortikultura dan perikanan) seiring dengan melimpahnya pasokan (musim panen) yang juga didukung dengan cuaca yang baik.
 
Secara keseluruhan tahun 2022, inflasi Sumut diperkirakan akan lebih tinggi dari tahun 2021, namun masih dalam rentang sasaran 3%±1%.
 
 
Peningkatan inflasi didorong oleh pemulihan ekonomi, tercapainya herd immunity, penanganan pandemi COVID-19 yang semakin baik, serta mobilitas masyarakat, dan permintaan yang meningkat.
 
Berbagai potensi sumber tekanan inflasi, baik dari internal maupun eksternal, perlu menjadi perhatian untuk menjaga pengendalian inflasi tahun 2022.
 
Ketersediaan Uang Rupiah
 
Dalam kesempatan itu Doddy juga menyebutkan, memasuki akhir bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia juga memastikan ketersediaan uang Rupiah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
”Memasuki minggu ketiga April, KPw BI Sumut telah mengedarkan sekitar Rp3,27 triliun kepada masyarakat dan akan terus bertambah hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti. Layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat tetap dibuka, baik melalui kas keliling Bank Indonesia maupun melalui perbankan,” ucap Doddy.
 
Guna menghindarkan masyarakat dari risiko uang palsu dan kerugian lainnya, KPw BI Sumut mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang Rupiah di lokasi penukaran resmi yang telah disediakan oleh Bank Indonesia dan perbankan.
 
Guna memastikan ketersediaan infrastruktur layanan transaksi keuangan bagi perbankan dan masyarakat tetap berjalan dengan lancar selama periode libur Idul Fitri dan cuti bersama, Bank Indonesia melakukan penyesuaian kegiatan operasional.
 
 
Sebagian layanan operasional seperti BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP dan SKNBI tidak beroperasi, sementara untuk layanan penyelenggaraan sistem BI-FAST tetap akan beroperasi sesuai jadwal yang berlaku (beroperasi 24 jam 7 hari) guna memenuhi kebutuhan transfer dana masyarakat.
 
Penyesuaian tersebut berlaku pada tanggal 29 April dan 2-6 Mei 2022, dan akan kembali normal mulai tanggal 9 Mei 2022.
 
Untuk pelaksanaan kegiatan operasional perbankan, akan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank.
 
Namun demikian, Bank Indonesia menghimbau perbankan untuk dapat maksimal memenuhi kebutuhan masyarakat akan likuiditas dan kelancaran transaksi selama libur Idul Fitri.
 
Ekonomi Global
 
Terkait pemulihan ekonomi global, Doddy Zulverdi memprakirakan bakal tetap berlanjut meski lebih rendah menjadi 3,5% dari proyeksi sebelumnya yang mencapai 4,4%.
 
Kondisi tersebut didorong oleh masih berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina yang berdampak pada pelemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga komoditas, dan ketidakpastian pasar keuangan global.
 
”Volume perdagangan dunia juga diprakirakan lebih rendah, sementara harga komoditas global terus mengalami peningkatan sehingga turut memberikan tekanan pada inflasi global,” imbuhnya.
 
Di tengah perlemahan ekonomi global, Bank Indonesia memperkirakan pemulihan ekonomi nasional tetap berlangsung pada Tahun 2022 meski sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.
 
Pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan akan berada pada angka 4,5-5,3% lebih rendah dari proyeksi awal sebesar 4,7-5,5% dipengaruhi oleh volume ekspor yang tertahan seiring dengan lebih rendahnya ekonomi dan volume perdagangan global.
 
Namun demikian, sejumlah indikator ekonomi domestik seperti mobilitas masyarakat, dan penjualan eceran masih mengindikasikan pemulihan.
 
Di sisi lain, tingkat inflasi tetap terkendali di tengah permintaan domestik yang mulai meningkat
 

SumberRilis Bank Indonesia
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.