Yuk, Kenali Penyebab Serta Risiko Berbahaya Saat Alami Sakit Leher

29 April 2022 15:55 WIB
Yuk, Kenali Penyebab Serta Risiko Berbahaya Saat Alami Sakit Leher
Yuk, Kenali Penyebab Serta Risiko Berbahaya Saat Alami Sakit Leher ( Freepik)

Sonora.ID - Tulang memanjang yang menghubungkan antara tengkorak dengan tubuh bagian atas yang terdiri dari tulang ligamen dan otot yang berguna untuk menggerakan kepala.

Seringnya rasa nyeri yang menyebabkan timbul rasa sakit pada leher adalah penyakit yang sering dialami banyak orang.

Biasanya hal ini disebabkan oleh postur tubuh yang buruk dan cedera ringan, sakit leher seperti itu biasanya dapat hilang dalam beberapa hari.

Namun dibeberapa kasus sakit leher juga sebagai awal mula atau gejala timbulnya penyakit yang cukup serius.

Penyebab nyeri leher ringan seperti mengalami ketegangan pada otot leher yang disebabkan oleh aktivitas yang salah seperti tidur dengan posisi leher buruk, bekerja di meja terlalu lama, lalu ada cedera yang membuat otot serta ligamen bergerak melebihi jangkauan normal.

Untuk beberapa penyebab sakit leher yang cukup beresiko seperti sakit leher dengan timbulnya gejala lain seperti sesak napas, mual, berkeringat dapat menjadi awal mula gejala serangan jantung.

Baca Juga: Yang Punya Kutil Wajib Tahu, Ini Cara Ampuh Hilangkannya Tanpa Operasi

Tak hanya itu saja, lalu ada juga sakit leher dengan diiringi demam dan muncul benjolan pada area sekitar leher gejala tersebut merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang yang merupakan gejala penyakit meningitis.

Bila Anda mengalami gejala seperti ini segera konsultasikan ke dokter untuk mencegah penyakit ini sebelum lebih jauh, dan yang sering disebut dan merupakan salah satu jadi penyebab sakit leher yaitu saraf kejepit dimana tulang belakang yang menyempit dan memberi tekanan lebih pada sumsum tulang belakang.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada leher dengan melakukan kompres leher dengan es batu lalu juga bisa dengan menggunakan bantal pemanas dan kompres atau mandi dengan air panas.

Anda juga dapat murangi kebiasaan buruk seperti pola duduk dan berdiri dengan kurang baik atau juga dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek terdekat.

Lalu jika langkah tersebut belum menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri pada leher dapat melakukan periksa ke medis dengan melakukan beberapa tes seperti tes darah, CT scan, dan pemindaian melalui MRI.

Baca Juga: Remaja Jompo Lagi Sakit Punggung? Ini Loh, 3 Cara Ampuh Usir Nyeri Sendi dan Otot

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm