Wajib Dijadikan Oleh-oleh, 5 Jajanan Khas Solo Yang Patut Dicoba

7 Mei 2022 15:33 WIB
Wajib Dijadikan Oleh-oleh, 5 Jajanan Khas Solo Yang Patut Dicoba
Wajib Dijadikan Oleh-oleh, 5 Jajanan Khas Solo Yang Patut Dicoba ( )

Solo, Sonora.ID – Lebaran sudah jatuh pada hari Senin (02/05/22), euforia mudik telah dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang mudik ke kampung halaman.

Bagi pemudik yang pulang ke Solo, ada jajanan khas Solo yang wajib dijadikan oleh-oleh ketika kembali ke perantauan.

Jajanan Solo ini memiliki cita rasa yang khas dan dapat bertahan hingga beberapa hari, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh, sekaligus sebagai obat kangen.

Berikut ini 5 jajanan khas Solo yang wajib dijadikan oleh-oleh setelah lebaran mudik.

Roti Semir Orion

Meskipun memiliki tampilan yang biasa saja, namun rasanya tidak dapat diragukan.

Berdiri sejak tahun 1932, Roti Orion Solo tetap mempertahankan resepnya yang simple dan klasik.

Baca Juga: Eksis dari 1922, Ini Oleh-oleh Khas Nguter Sukoharjo yang Wajib Dicoba

Roti semir ini memiliki dua jenis rasa, yaitu vanilla dan coklat. Dengan selai ditengahnya yang terbuat dari mentega dan gula.

Roti semir ini dapat dinikmati semua kalangan karena rasanya enak dan tanpa bahan pengawet.

1 paket roti semir dibandrol dengan harga Rp. 40.000,- yang terdiri dari 10 roti. Selain itu, roti semir ini dapat bertahan hingga satu minggu lamanya.

Roti semir ini dapat dibeli di Toko Roti Orion yang terletak di Jalan Jend. Urip Sumoharjo No. 80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

Dekat dengan Pasar Gede. Selain roti semir, Toko Roti Orion juga memiliki jajanan khas lain seperti roti mandarijn lapisnya.

Intip Goreng

Sesuai namanya, intip goreng terbuat dari kerak nasi yang digoreng hingga teksturnya kering.

Tidak perlu cemas jika rasanya tidak enak, karena intip goreng ini memiliki rasa yang manis dari gula merah yang dituangkan di atasnya.

Salah satu intip goreng yang sangat direkomendasikan adalah intip goreng mbah Boniyem. Mbah Boniyem berjualan intip goreng di Pasar Gede, tepatnya di kios 78. Mbah Boniyem telah berjualan dari tahun 1945.

Intip goreng mbah Boniyem ini dihargai sebesar Rp. 50.000,- per kilo, namun  terdapat kemasan yang lain yang dapat dibeli dengan harga berbeda.

Abon Mesran

Warga Solo pasti sudah tidak asing dengan abon satu ini, yaitu abon mesran. Mesran sendiri diambil dari nama pemiliknya yaitu Mesran Mistopawiro.

Abon mesran memiliki produk unggulan diantaranya abon sapi dan abon ayam.

Abon mesran memiliki rasa khas dari rempah-rempah yang digunakan, gurih, manis dan pedas yang sangat cocok jika disantap dengan nasi hangat.

Abon mesran bisa didapat dengan harga mulai Rp. 60.000,- tergantung isi abon.

Pemudik dapat membeli abon mesran di Toko Abon Mesran yang berada di Jl. Kalilarangan No. 71, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

Baca Juga: 4 Jajanan Tradisional Khas Kota Solo, Wajib dijadikan Oleh-oleh

Ampyang

Ampyang adalah salah satu jajanan khas Solo yang unik karena sering dikaitkan dengan cerita masyarakat setempat sebagai contoh dari pernikahan beda ras yaitu “Kacang Chino, Gulo Jowo” yang memiliki arti kedua mempelai memiliki darah keturunan Jawa dan Tionghoa.

Makanan ini terbuat dari gula jawa dan kacang yang memiliki rasa gurih dan manis. Sebungkus ampyang biasanya dijual dengan harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Oleh-oleh ini dapat dijumpai dengan mudah di toko oleh-oleh hingga pedagang kaki lima.

Roti Kacek Ganep

Roti kacek ganep adalah produk unggulan dari Toko Roti Ganep yang merupakan toko roti tertua di Solo.

Toko Roti Ganep telah berdiri dari tahun 1881. Roti kacek terbuat dari ketan yang disangrai hingga memiliki tekstur yang keras.

Roti kacek memiliki rasa manis dan gurih. Serta dapat bertahan lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Roti ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 10.000,-.

Baca Juga: Dijadikan Oleh-Oleh, Berikut 5 Pie Susu Terlezat Khas Pulau Bali

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm