Mengapa Kita Perlu Ajarkan Kepatuhan Pada Peliharaan Anjing?

12 Mei 2022 20:15 WIB
Ilustrasi anjing peliharaan
Ilustrasi anjing peliharaan ( Freepik)

Sonora.ID - Sebagai salah satu hewan peliharaan yang dipilih banyak orang karena memiliki sifat yang setia terhadap pemilik serta dapat dijadikan teman bermain bahkan penjaga bagi pemilik.

Bahkan anjing ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki kepintaran dibandingkan beberapa hewan peliharaan lainnya seperti kelinci, kucing karena hewan ini dapat dilatih baik untuk proteksi atau sekedar keterampilan.

Karena kepintarannya itu memiliki keterikatan emosional dengan para pemiliknya. Untuk melakukan pelatihan-pelatihan pada anjing dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengajarkan teknik-teknik dasar atau membawanya kepada pelatihan khusus yang dapat mengajarinya lebih banyak hal.

Teknik-teknik mungkin yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah mungkin seperti melatihnya untuk buang air seperti mengenalkan dimana tempat mereka untuk buang air dan diajari secara perlahan, lalu dapat melatih anjing untuk duduk dengan menurunkan kakinya ke lantai atau dengan memanggil namanya hingga ia menghampiri, lalu ada perintah untuk berdiam diri untuk tidak bergerak. Dan saat perintah-perintah yang diberikan dapat dilakukan dengan benar berikan ia bentuk apresiasi seperti berikan cemilan atau pelukan kasih sayang sehingga ia mengerti bahwa yang dilakukan sesuai dengan yang diinginkan dan membuatnya akan mematuhi perintah yang diberikan.

Baca Juga: 3 Jenis Anjing yang Paling Cocok untuk Menemani Si Kecil

Mengenalkan anjing dengan tali penuntun karena dengan membiasakannnya dengan tali tersebut membuat rasa aman terhadap hewan dan pemilik saat melakukan kegiatan di luar rumah karena anjing tetap dalam pantauan kita dan perilakunya terjaga tidak membahayakan baik sekitar. Dan dengan menggunakan tali ini juga akan lebih memudahkan anjing untuk bersosialisasi terhadap tempat baru, manusia baru, jenis anjing lain atau makhluk hidup lain serta juga tempat baru. Karena dalam proses pengenalan tersebut tentu sedikit mengalami kesulitan mulai dari dia mengalami ketakutan atau terlalu agresif terhadap sesuatu baru yang ditemuinya sehingga tali tersebut merupakan salah satu kontrol.

Cara-cara dasar tersebut perlu dilakukan terhadap anjing peliharaan karena beberapa jenis anjing memiliki sifat alpha atau memimpin, dengan memberikan pelatihan dasar mulai saat dia kecil atau kepada tempat pelatihan hal itu bertujuan agar anjing menuruti kemauan pemilik dan mengerti siapa sebenarnya pemimpin sesungguhnya bukan terjadi hal yang sebaliknya. Bukan berarti dengan begitu membuat kita semena-semena tetapi hanya untuk mengontrol tingkah laku serta kepatuhan hewan peliharaan tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm