Bagaimana Jadinya Jika Pasangan Terlalu Posesif dan Tak Menghargai Privasi Kita? Apakah Reaksi Kita Harus Diam Saja?

13 Mei 2022 11:30 WIB
Hubungan yang tidak sehat dan posesif .
Hubungan yang tidak sehat dan posesif . ( gramedia.com)

Sonora.ID - Setiap orang tentu ingin menjalin hubungan yang erat dengan pasangan. Tapi benarkah namanya cinta jika pasangan terlalu menguasai kehidupan pribadi kita?

Jika alasannya karena mencintai pasangan, cobalah tanya pada diri sendiri manfaat apa yang kamu terima darinya sebagai pasangan mu yang belum menjadikan mu sebagai seorang istri.

Apalagi jika pasangan kita seolah menerapkan aturan sepihak seperti ia memaksakan kita untuk wajib berkomunikasi melalui telepon setiap hari hingga berjam-jam, meski jarak tempat tinggal yang pasangan dan kamu tinggali, tidak begitu jauh.

Jika kalian merasa dalam posisi itu, maka kemungkinan besar tanpa kalian sadari, hubungan kalian terjerat dalam “Enmeshed Relationship”.  Dimana hubungan ini merupakan sebuah jalinan yang tidak sehat atau bisa kita sebut sebagai hubungan terikat. Kedekatan tersebut dapat menghilangkan dan mengaburkan batasan pribadi dalam sebuah hubungan.

Baca Juga: Anti Cowok Posesif, 5 Zodiak Wanita ini Paling Mandiri, Tidak Suka Diatur Pria!

Menurut Psikiater Era Dutta, hubungan erat yang mengaburkan batasan, sampai-sampai semua orang yang terlibat, tidak memiliki ruang untuk menjadi diri sendiri dan akhirnya melakukan apa yang sebenarnya tidak mereka sukai.

Menurutnya, jenis hubungan ini awalnya membuat orang merasa dicintai, dan mereka baru sadar telah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat begitu sifat-sifat buruk orang tersayang (pasangan) terkuak.

“Hubungannya bisa menjadi tidak sehat bagi salah satu dari mereka, tetapi biasanya kedua individu juga terlibat,” terang Dutta.

“Layaknya banyak hal dalam dunia psikiatri, kebiasaan menempel dengan pasangan sering kali berkaitan dengan cara orang tua mengasuh anak.” sambungnya

Dutta menjelaskan, dalam beberapa kasus yang acapkali ia temui, orang tua terlalu berlebihan mengendalikan dalam setiap aspek kehidupan anak. Tanpa mereka sadari, orang tua menanamkan rasa takut akan ketidakpastian serta ketidaksiapan akan menghadapi dunia luar pada diri anak. Anak pun hanya bisa bersembunyi di balik bayangan orang tua yang semakin membuat mereka memiliki rasa ketergantungan teramat sangat dengan orang tua mereka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm