Atlet Sulsel Sumbang Medali di Sea Games Vietnam, Dispora Usulkan Bonus

22 Mei 2022 14:20 WIB
Rahmat Erwin Abdullah, Lifter muda kebanggaan Sulsel berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang Sea Games 2021 Vietnam
Rahmat Erwin Abdullah, Lifter muda kebanggaan Sulsel berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang Sea Games 2021 Vietnam ( Istimewa)

Makassar, Sonora.ID - Para atlet asal Sulawesi Selatan memperkuat tim Indonesia pada ajang Sea Games 2021 di Vietnam. Beberapa dari mereka bahkan berhasil mempersembahkan medali bagi tanah air.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, pihaknya sementara mempersiapkan usulan bonus bagi atlet peraih medali pada ajang Sea Games Vietnam. Akan tetapi, bonus akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan Sea Games.

"Kami sementara menunggu hasil akhir dari pelaksanaan Sea Games. Sehingga pengusulan dilakukan secara sekaligus. Karena pada Sea Games sebelumnya di Manila, Pemprov Sulsel memberikan bonus atlet peraih medali. Diserahkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang kala itu masih menjadi Pelaksana Tugas," ujar Arwin saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Sabtu (22/5/2022).

Sejauh ini, kata Arwin, atlet Sulsel yang menorehkan prestasi gemilang di Sea Games Vietnam antara lain adalah Sulfianto, dari cabang olahraga (cabor) dayung. Tak tanggung-tanggung, Pedayung asal Kabupaten Luwu Utara (Lutra) tersebut memboyong dua medali emas dari dua nomor pertandingan.

Baca Juga: Usai SEA Games, Kualifikasi Piala Dunia Menanti Timnas U-22

Emas pertama, pada nomor lightweight mens double sculls (LM2X) bersama pasangannya La Memo asal Maluku. Selanjutnya Sulfianto kembali membawa pulang medali emas keduanya dari nomor Dayung Empat Putra (4x Men).

"Sulfianto ini adalah alumni Pusat Pendidikan dan Latihan olahraga Pelajar (PPLP) binaan Dispora Sulsel," ucap Arwin.

Prestasi mentereng juga ditunjukkan oleh pedayung putri asal Sulsel, Nurtang. Alumni PPLP binaan Dispora Sulsel tersebut mempersembahkan medali perak bagi Indonesia di Sea Games Vietnam pada nomor lighweight women's quadruples scull 2.000 meter.

Sementara Ardiansyah Nur, kapten tim futsal Indonesia asal Sulsel berhasil membawa pulang medali perak. "Ardianyah beberapa kali memperkuat tim futsal Sulsel. Mulai dari Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas), meraih emas juga di ajang BIMP-EAGA di Samarinda, Kejurnas di Bandung, serta memperkuat piala AFF pada 2019 dan 2022," urai Arwin.

Medali emas berikutnya datang dari cabor sepak takraw yang diperkuat dua atlet Sulsel yakni Muhammad Hardiasnyah Muliang dan Rusdi. Kemudian Anwar Tarra juga memboyong emas untuk cabor kayak.

Baca Juga: Dispora Sulsel Gelar Seleksi Parkibraka Secara Ketat dan Transparan

Koleksi emas tim Indonesia juga datang dari cabor karate nomor Kata Beregu Putra. Tim karate Indonesia diperkuat atlet Sulsel yakni Albiadi, Andi Tomy Aditya Mardana dan Andi Dasril Dwi Dharmawan.

Ketiganya berhasil menundukkan wakil dari Thailand yang harus puas meraih medali perak. Sedangkan tuan rumah Vietnam memperoleh medali perunggu bersama Malaysia. Sebelumnya, atlet karate andalan Sulsel lainnya yakni Krisda Putri Aprilia memperoleh meraih perunggu pada nomor kata perorangan putri.

Selanjutnya, lifter muda terbaik Sulawesi Selatan, Rahmat Erwin Abdullah juga kembali menunjukkan tajinya di ajang Se Games 2021 Vietnam. Rahmat Erwin berhasil menyumbang medali emas lewat cabang olahraga angkat besi. Peraih perunggu di Olimpiade Tokyo itu menang di nomor 73 kg putra. Dia menjadi yang terbaik dengan berhasil mengangkat berat maksimal hingga 155 kg.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm