Sambut Hari Lingkungan Hidup, Gerakan 'Saya Pilih Bumi' Selenggarakan Gerakan Saling Bertukar

3 Juni 2022 16:30 WIB
#SayaPilihBumi mungkin bukanlah solusi bagi permasalahan sampah Jakarta, Indonesia, ataupun dunia, tetapi kami percaya bahwa dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan kepedulian masyarakat akan mengubah perilakunya untuk peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama menjadi bagian dari solusi bukan polusi.
#SayaPilihBumi mungkin bukanlah solusi bagi permasalahan sampah Jakarta, Indonesia, ataupun dunia, tetapi kami percaya bahwa dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan kepedulian masyarakat akan mengubah perilakunya untuk peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama menjadi bagian dari solusi bukan polusi. ( Corpcomm Kompas Gramedia)

Sonora.ID - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni, serta kepedulian terhadap sampah tekstil dan mengampanyekan tentang fesyen berkelanjutan, 'SayaPilihBumi' menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar yang dilaksanakan di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Sejatinya, kegiatan barter merupakan sistem perdagangan yang di dalamnya terdapat kegiatan tukar-menukar barang.

Barter.in sendiri adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat konsumerisme masyarakat dalam kehidupan sehari hari, sekaligus mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara tukar menukar satu sama lain.

"Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar Jadi, tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar. Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa it's okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Dari pada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi," ujar Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis, Jumat (3/6/2022).

"Kegiatan Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar tanggal 3 Juni, merupakan inisiatif SayaPilihBumi, didukung oleh Bentara Budaya, dan keduanya adalah bagian dari Kompas Gramedia, dengan fokus utama yang dituju adalah mengajak masyarakat secara umum dan karyawan Kompas Gramedia secara khusus untuk mengurangi sampah tekstil. Seperti yang kita ketahui, industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat," sambung Diky, Jumat (3/6/2022).

Dengan mengusung tema 'Dibuang Sayang', terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di acara Barter.in Vol. 1, dengan kegiatan utama adalah Barter.in pakaian, pengunjung dapat membawa pakaian dengan kondisi layak pakai, untuk kemudian menukarnya dengan pakaian yang sudah terkurasi dan tersedia selama acara berlangsung.

Terdapat juga kegiatan lainnya seperti Repair your Clothes, yang bekerjasama dengan Controlnew (CTRL+N), pengunjung berkesempatan untuk memperbaiki pakaian dengan kerusakan ringan secara gratis, dan terbatas.

Selain itu, terdapat pula penampilan live music yang menambah keseruan dan kemeriahan acara.

Baca Juga: Memaknai Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Begini Kata Dokter

Dengan diselenggarakan kegiatan Barter.in vol. 1 ini, diharapkan dapat mengurangi limbah tekstil, dan juga diharapkan dapat memperpanjang usia pakaian untuk fesyen berkelanjutan, dan kelestarian bumi, serta mengurangi gaya hidup konsumerisme dari setiap individu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm