Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud bahas soal ibadah haji dan Ekonomi

8 Juni 2022 12:05 WIB
Potret Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menlu Arab Saudi
Potret Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menlu Arab Saudi ( )

Jakarta, Sonora.ID - Presiden Joko Widodo hari ini menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri, Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud,di Istana Merdeka, Jakarta Selasa (07/06/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Menlu Arab Saudi membahas berbagai hal, mulai dari soal kepentingan umat hingga soal ekonomi.

“Pertama-tama Bapak Presiden berbicara mengenai masalah kepentingan umat yang dalam hal ini adalah pelaksanaan ibadah haji. Bapak Presiden mengatakan apresiasi terhadap pelaksanaan haji tahun ini setelah karena pandemi dua tahun tidak dilakukan pelaksanaan haji, dan Indonesia mendapatkan kuota terbesar lebih dari 100 ribu, tepatnya adalah 100.051 orang,” kata Menlu RI Retno Marsudi

Dikesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan rencana Indonesia untuk membangun Indonesian House di Kota Makkah, hal tersebut untuk memberikan dukungan yang maksimal kepada para jamaah umrah dan haji Indonesia.

Baca Juga: Bukan Soal Cantik, Ini Alasan Orang Arab Suka Nikahi TKW Asal Indonesia, Karena Apa?

"Kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari Saudi, dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di Saudi Arabia," lanjut Retno.

Sementara itu terkait hubungan antar masyarakat, Menlu Retno juga melaporkan kepada Jokowi, bahwa otoritas Arab Saudi mulai telah mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya sampaikan dalam pembicaraan saya sebelumnya dengan otoritas Saudi antara lain bahwa baru-baru ini Indonesia di Bali menjadi tuan rumah salah satu perhelatan in person. Jadi secara fisik datang pertemuan PBB yang dihadiri oleh lebih dari lima ribu orang dan Alhamdulillah setelah pertemuan kita tidak mendengar ada laporan yang signifikan mengenai dampak Covid-nya terhadap para peserta," ujar Retno.

"PBB sendiri memberikan apresiasi terhadap Indonesia, bagaimana Indonesia mengelola Covid, dan kemarin kita tahu juga Perdana Menteri Australia memberikan apresiasi yang sama. Jadi sekali lagi kita sambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia yang kita harapkan akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis," tambahnya.

Sementara itu terkait Ekonomi, dalam hal ini di bidang tranisi energi, Jokowi menyampaikan harapannya bahwa apa yang telah dibahas dapat diimplementasikan secara konkret. 

"Di dalam pembicaraan tadi Menteri Luar Negeri Saudi Arabia menyampaikan pesan dari raja dan dari putra mahkota bahwa Indonesia adalah salah satu priotitas paling tinggi Saudi Arabia untuk melakukan kerja sama ekonomi," kata Retno

Baca Juga: Indonesia dan Arab Saudi Sepakat Percepat Penyelesaian Technical Arrangement SPSK

 
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm