Indonesia dan Austria Tingkatkan Kerjasama Dalam Pelatihan Vokasi

17 Juni 2022 11:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Austria
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Austria ( Biro Humas Kemnaker)

Sonora.ID - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Austria.

Terutama dalam bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan vokasi.

Menaker menyampaikan hal itu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Tenaga Kerja Austria, Martin Kocher, di Wina, Austria, pada Rabu (15/6) waktu setempat.

Baca Juga: Di Hadapan Peserta Austrian Constantinus Award 2022, Menaker Ida Fauziyah Tekankan Pentingnya SDM Berkualitas

"Saya mengapresiasi kepada Pemerintah Austria untuk kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dengan Pemerintah Austria yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik," ujar Ida, Rabu (15/6/2022).

Ida menjelaskan, kerja sama yang selama ini telah dilakukan antara Kemnaker RI dengan Pemerintah Austria antara lain berupa pengembangkan pelatihan teknisi di Balai Besar Peningkatan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang.

Selain itu, peningkatan SDM melalui Proyek Pengembangan Balai Latihan Kerja Maritim di tiga lokasi, yaitu; Medan, Serang, dan Makassar yang dibiayai melalui soft loan dari Pemerintah Austria.

Ida juga turut mengapresiasi Pemerintah Austria atas komitmennya mendukung upaya peningkatan kompetensi dan kualifikasi tenaga kerja Indonesia yang berstandar internasional.

Menurutnya, kolaborasi seperti ini sangat dibutuhkan agar akselerasi program kebijakan peningkatan kompetensi SDM Indonesia semakin cepat. 

Namun yang lebih penting adalah; transfer knowledge, technology, skills, serta best practices dari Austria.

Baca Juga: Indonesia dan Kanada Perkuat Kerja Sama di Bidang Ketenagakerjaan

"Ini yang sangat penting untuk nantinya dapat diadopsi di Indonesia. Apalagi kami saat ini memiliki tugas besar untuk membangun sedikitnya 1 Balai Latihan Kerja di setiap provinsi, dan sampai dengan tahun 2024 kami memiliki target untuk membangun 18 Balai Latihan Kerja baru," terang Ida, Rabu (15/6/2022).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut ia juga mendorong agar hubungan bilateral antara Pemerintah Austria dan Pemerintah Indonesia terjalin semakin erat, salah satunya dengan cara membuka peluang kerja sama mengirimkan tenaga kerja Indonesia melalui program pemagangan di Austria.

Baca Juga: Menake Pimpin Delegasi Indonesia dalam Konferensi Ketenagakerjaan Internasional di Swiss

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm