Pemain Baru tapi Berpotensi Maju Pilkada, Gibran Manfaatkan Momentum?

23 Juni 2022 12:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra saat mengajari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di arena kuda Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022)..
Ketua Umum Partai Gerindra saat mengajari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di arena kuda Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022).. ( (dok. Gerindra))

Sonora.ID - Diketahui bahwa saat ini kondisi masyarakat di bidang politik sudah mulai panas, padahal pesta demokrasi baru akan digelar pada tahun 2024 atau 2 tahun lagi, tetapi banyak yang sudah menyoroti dunia politik Tanah Air.

Salah satu yang jadi sorotan adalah kemungkinan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjadi orang nomor satu di Solo, untuk maju dalam Pilkada.

Hal ini diperkuat dengan pertemuan Gibran dengan beberapa petinggi negara dan senior dalam bidang politik, seperti Prabowo Subianto dan Megawati, dalam kesempatan tersebut keduanya mendukung Gibran untuk maju menjadi Gubernur.

Dalam berbagai hasil survei juga menunjukkan bahwa putra orang nomor satu di Indonesia tersebut memang memiliki elektabilitas tinggi dalam Pilkada yang akan datang.

Padahal, sosok Gibran bisa dikatakan sebagai ‘pemain baru’ dalam bidang politik.

Menyoroti hal ini, seorang pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengakui, pengalaman Gibran memang belum ada apa-apanya karena baru menjabat sebagai wali kota beberapa tahun.

Dikutip dari Kompas.com, pihaknya menegaskan, di bidang politik memang kerap mengabaikan soal pengalaman, itu semua akan ditabrak, mengingat Gibran pun melihat momentum ayahnya sebagai orang nomor satu di Indonesia.

“Akan diterobos bisa jadi karena aji mumpung karena ayahnya masih menjabat sebagai presiden. Peluang itulah yang digunakan oleh Gibran untuk bisa menjadi gubernur,” ungkapnya menjabarkan.

Pertemuan dengan Menhan dan orang nomor satu di PDI Perjuangan menyebutkan, ada potensi bagi Gibran untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah atau bahkan langsung pindah menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Prabowo Dukung Gibran Maju Pilkada 2024, Ternyata Ada Maunya?

Ujang menyebut, peluang Gibran terbilang masih 50:50 karena masih banyak faktor lain di luar keuntungannya saat ini.

“Semuanya akan terlihat nanti, ketika sudah ada siapa pasangan calonnya, siapa koalisinya, siapa lawan politiknya, dan seberapa besar elektabilitasnya Giran itu,” sambung Ujang menambahkan.

Sebelumnya, Gibran blak-blakan dengan percaya diri menyebut sudah mengantongi dukungan untuk maju Pilkada dari sosok-sosok besar, seperti Prabowo Subianto yang sebelumnya menjadi rival ayahnya ketika maju sebagai presiden.

Baca Juga: Karier Politiknya di Solo Dinilai Baik, Prabowo Sarankan Gibran Untuk Maju Jadi Gubernur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm