Taruh Helm di Kaca Spion Motor Ternyata Berdampak Negatif

27 Juni 2022 19:30 WIB
Ilustrasi helm
Ilustrasi helm ( KOMPAS.com/Ari Purnomo)

Sonora.ID - Helm jadi perlengkapan wajib bagi semua pengendara sepeda motor dalam aspek keamanan berkendara. Helm berfungsi melindungi kepala jika terjadi benturan atau kecelakaan saat berkendara.

Penggunaan helm pun sudah diatur secara resmi dalam Undang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hal ini menunjukkan betapa vitalnya helm untuk para pengendara sepeda motor. Jangan sampai ada salah kaprah bahwa helm dipakai hanya untuk menghindari tilang dari petugas yang berwenang.

Saat ini menaruh helm di kaca spion sepeda motor seolah menjadi kebiasaan dari banyak pengendara saat memakirkan motor.

Namun, menaruh helm di kaca spion motor merupakan kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada aspek durabilitas helm tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Pegiat komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan bahwa jika kebiasaan pengendara menaruh helm di spion motor saat parkir berpotensi merusak bagian dalam helm.

“Kalau ditaruh di spion motor, itu akan gampang memberikan bekas tekanan pasa EPS helm, hal tersebut dapat mengakibatkan struktur EPS dapat berubah atau tidak bisa tahan benturan,” kata Ahmad.

Baca Juga: Rumah jadi Tempat Kumpul Keluarga dan Brerantakan? Begini 5 Tips Biar Ruangan Terlihat Luas dan Rapi

Untuk di ketahui, EPS alias Expanded Polystyrene / Styrofoam merupakan bagian peredam yang menempel di bagian dalam batok helm. EPS berperan penting meredam benturan agar dampaknya tidak terlalu terasa pada kepala penggunanya. Jika struktur EPS  helm berubah, maka perlindungannya jadi tidak maksimal.

Bukan hanya itu saja, kebiasaan menaruh helm di kaca spion motor juga akan membuat spion mudah kendur. Sebab, beban helm yang terlalu berat dapat membuat sambungan rumah kaca spion dengan batangnya melonggar.

Selain itu, pada dasarnya fungsi spion bukan untuk tempat meletakkan helm. Ada kemungkinan helm mudah terjatuh dan rusak karena tersenggol orang lain atau kaca spion tersebut tidak mampu menahan beban helm.

Ahmad menyarankan untuk menyimpan helm dengan cara menggantungkannya di gantungan yang telah disediakan atau pada behel sepeda motor.

“Sebaiknya helm ditatuh di gantungan yang tersedia di bawah jok motor, atau kalau mau yang lebih aman lagi dimasukan ke dalam jok sekalian. Soalnya sekarang sudah banyak motor yang begasinya besar dan muat untuk helm. Kalau digantungkan di bawah jok masih bisa disilet oleh oknum pencuri,” kata Ahmad dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Bikin Emak Jauh Dari Hidup Susah, Ini 6 Trik Usir Masalah Rumah Anti Ribet

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm