Syarif Bando: Perpusnas Dukung Literasi Ilmu Pengetahuan Melalui Batik

4 Juli 2022 13:47 WIB
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ( Istimewa)

Sleman, Sonora.Id - Batik merupakan salah satu komoditas budaya unggulan dari Indonesia. Semua daerah di Tanah Air memiliki corak khas (motif) batik tertentu, termasuk di Kabupaten Sleman. Membatik bahkan secara khusus sudah menjadi program pengembangan perpustakaan di seluruh kalurahan Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan apa yang dilakukan pihaknya semata-mata ingin mengangkat batik lokal agar dikenal secara global.

“Kami meyakini kalau batik bisa membantu kesejahteraan masyarakat dan perekonomian masyarakat bergerak,” urai Kustini pada roadshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Kab. Sleman, Senin, (04/07/2022).

Program Rintisan Kalurahan Gemar Membaca (RKGM) Kab. Sleman menitikberatkan, antara lain (1) setiap kalurahan memiliki pengelola perpustakaan, (2) mandiri dalam pengelolaan informasi di perpustakaan kalurahannya, (3) kebijakan-kebijakan lurah dan perangkatnya mendukung pengembangan perpustakaan, (4) pengelolaan perpustakaan sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Kelurahan, dan (5) mempunyai rintisan kegiatan pengembangan melalui membatik, mulai dari pelatihan hingga menentukan motif/corak.

Pentingnya keberadaan perpustakaan ditegaskan kembali oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando bahwa sejatinya perpustakaan perlu dihadirkan di segala tingkatan masyarakat mengingat ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku sekolah hanya sanggup memberikan kontribusi sebesar 10%. Sisanya berasal dari proses pengalaman mau pun berlatih keterampilan.

“Dunia pendidikan akan tertinggal tanpa perpustakaan,” ujar Syarif Bando.

Dari seringnya masyarakat belajar akan mendorong terciptanya literasi. Literasi yang bukan sekedar baca, tapi kemampuan memahami untuk kemudian diterapkan dalam keseharian. Dulu, masyarakat sudah cukup dengan kebisaan membaca. Namun, tantangan literasi saat ini mengharuskan masyarakat tidak sekedar bisa baca saja.

Digitalisasi juga wajib mendapatkan porsi dalam pemahaman literasi selanjutnya.
Ya, referensi pengetahuan harus terus di-update apalagi di tengah kondisi kenormalan baru (new normal) di mana dunia sering mengalami perubahan yang luar biasa,” pesan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington D.C Amerika Serikat Popy Rufaidah.

Ketua DPRD Kab. Sleman Hari Sugiharta mengatakan upaya pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian, mengingat Kab. Sleman memiliki predikat sebagai kota pendidikan. Oleh karena itu, DPRD Kab. Sleman terus mendorong Pemda agar sekolah memiliki perpustakaan yang representatif.

“Gerakan budaya gemar membaca merupakan usaha nyata dan perlu keteladanan,” ujar Hari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm