Warga Mantoman Kini dapat Nikmati Listrik lewat Sinergitas PLN dan Pemkot

5 Juli 2022 15:25 WIB
Peresmian jaringan listrik jalan Mantoman Kota Singkawang.
Peresmian jaringan listrik jalan Mantoman Kota Singkawang. ( Dok. Humas PLN)

Singkawang, Sonora.ID - Warga Mantoman, Kelurahan Nyarungkop Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat akhirnya dapat menikmati listrik.

Pasalnya, Wali Kota Singkawang dan Manager PLN UP3 Singkawang bersama-sama melakukan penyalaan listrik secara simbolis 50 rumah warga pada Selasa (28/6/2022) lalu.

Marjo, salah satu warga Mantoman yang sehari-hari bekerja sebagai petani mengaku bersyukur dengan masuknya listrik PLN karena biaya untuk listrik tidak lagi semahal saat ia menggunakan genset. 

“Sebelumnya, kami hanya bisa menyalakan genset selama 3 jam pada malam hari, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB dengan biaya 450-600 ribu per bulan. Biaya sebesar itu tentunya sangat memberatkan beban hidup kami,” ungkap Marjo.

Baca Juga: Mudahkan Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan, Samsat Keliling di Desa Kubu Raya

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengapresiasi upaya PLN yang telah mendukung Pemkot Singkawang dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai pembangunan sarana dan fasilitas.

Menurutnya, PLN UP3 Singkawang sangat komunikatif dalam mencari solusi yang tepat khususnya yang menyangkut masalah kelistrikan.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya bersama PLN berupaya untuk melistriki warga Mantoman melalui anggaran APBD Pemerintah Kota Singkawang. 

“Dukungan masyarakat luar biasa yang bersinergi dengan Pemerintah kota Singkawang dan PLN dalam menyelesaikan pekerjaan pembangunan infrastruktur kelistrikan sehingga dapat diselesaikan dengan baik sesuai rencana,” ucap Tjhai Chui Mie.

Baca Juga: Digitalisasi Transaksi di Kota Pontianak Kian Bertumbuh

Sebagai penanggung jawab pelaksana pekerjaan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Petrus Yudha Sasmita, mengungkapkan bahwa untuk melistriki warga Mantoman, pihaknya telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 4.587 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 1.088 kms, serta 1 buah gardu distribusi berkapasitas 100 kVA dengan pelaksanaan pekerjaan memakan waktu lebih kurang 3 bulan.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Singkawang, Achmad Meidiansyah, menerangkan bahwa melalui mekanisme Serah Terima Operasi (STO), PLN siap mengoperasikan aset kelistrikan yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Singkawang.

“PLN nantinya akan melakukan pemeliharaan yang sifatnya preventif untuk menjaga keandalan listrik bagi warga Mantoman, selain itu kami juga akan melakukan perbaikan apabila ada kerusakan material pada jaringan tersebut. Sedangkan untuk penggantian material nantinya akan dilakukan oleh pihak pemkot,” tambahnya.

Lebih lanjut, Meidiansyah mengimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keandalan pasokan listrik, minimal dengan cara mengikhlaskan pohon atau tanaman tumbuh yang dimiliki untuk dapat ditebang oleh petugas jika sudah mendekati jaringan listrik, serta tidak mendirikan bangunan terlalu dekat dengan jaringan listrik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm