Sempat Mati Lampu di Terowongan Mina, Jemaah Haji Kalsel Selamat

14 Juli 2022 09:10 WIB
situasi di Terowongan Mina, Arab Saudi
situasi di Terowongan Mina, Arab Saudi ( istimewa)

Arab Saudi, Sonora.IDTerowongan Mina di Arab Saudi, beberapa waktu sempat mengalami mati lampu saat jemaah haji dari seluruh dunia melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Jemaah haji asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tengah berada di dalam terowongan saat mati lampu terjadi. Kabar baiknya, jemaah asal Banua seluruhnya selamat, tanpa ada cedera sedikit pun.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, Muhammad Tambrin menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian mati lampu di trowongan Mina beberapa hari yang lalu.

"Semua jemaah haji yang saat kejadian berada dalam terowongan Mina tersebut semuanya aman dan terkendali tidak ada kepanikan," tegas Tambrin yang saat ini sedang bertugas sebagai Pengendali Penyelenggaraan Ibadah Haji di Arab Saudi, dalam keterangan video yang diterima redaksi Smart FM Banjarmasin.

Ia menegaskan, tidak benar kalau ada yang mengabarkan bahwa kejadian mati lampu di terowongan Mina tersebut mengakibatkan banyak korban jiwa, seperti beredarnya informasi di group WA beberapa hari ini yang menyertakan video korban jiwa.

Baca Juga: Salat Id Adha di JIS, Anies Baswedan Ajak Jemaah Saling Mendoakan Jemaah Haji

“Video tersebut tidak ada kaitannya dengan kejadian mati lampu di terowongan Mina," tegasnya.

Selanjutnya Tambrin menceritakan, mati lampu di Mina tersebut terjadi pada Minggu sekitar pukul 05.15 Waktu Arab Saudi (WAS) hingga 06.10 WAS, yang kemungkinan disebabkan korsleting arus pendek.

Saat kejadian, posisi jamaah yang berada di depan pos dihentikan oleh polisi Arab Saudi, sementara itu para petugas PPIH dan yang menyertai jemaah haji memberikan arahan dan memberi edukasi agar jamaah tidak panik dan tenang karena hanya beberapa saat saja mereka diminta menunggu perbaikan.

"Alhamdulillah tidak lama segera bisa diatasi oleh pihak Arab Saudi dan sekarang sudah normal kembal, tidak ada korban dan pemadaman cepat diatasi." jelasnya.

Terakhir Tambrin menghimbau, kepada jamaah haji agar tidak mudah panik jika terjadi hal yang serupa atau masalah yang lainnya selama berada di Arab Saudi tersebut, karena jika panik dapat menyebabkan situasi tidak kondusif.

“Harus tetap tenang," pungkasnya.

PenulisFakhrurazi
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm