Ngantuk di Pagi Hari Menyerang? Ini Faktor Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

20 Juli 2022 20:45 WIB
Ilustrasi penyebab mengapa terus mengantuk di pagi hari
Ilustrasi penyebab mengapa terus mengantuk di pagi hari ( shutterstock)

Sonora.ID - Setiap orang pasti pernah mengalami permasalahan ini, padahal masih pagi tapi Rasa ngantuk tak tertahankan sehingga membuat kita sering menguap. Rasa kantuk di pagi hari bisa kamu alami ketika merasa kelelahan dan juga kurang tidur. Selain itu, keluhan tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsumsi minuman yang beralkohol, jarang melakukan olahraga, dan stres yang berlebihan.

Namun terkadang, keluhan ngantuk di pagi hari bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipotiroidisme, diabetes, dan anemia. Apabila rasa kantuk di pagi hari hanya terjadi sesekali saja, maka hal tersebut bukanlah hal yang perlu kamu khawatirkan.

Akan tetapi jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, hingga rasa kantuk yang muncul membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi dan mengganggu aktivitas serta performa kamu, maka hal tersebut perlu segera ditangani lebih lanjut.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kamu merasa mengantuk di pagi hari.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk di pagi hari, diantaranya;

Baca Juga: Bukan karena Ngantuk, Sering Menguap Tanda 2 Penyakit Mematikan!

Sleep inertia

Sleep Inertia merupakan sebuah kondisi ketika kita bangun dalam keadaan yang kurang sadar walaupun sudah tidur dengan cukup. Hal tersebut adalah suatu kondisi yang normal terjadi saat bangun tidur. Ketika bangun tidur, ada beberapa proses yang akan terjadi sebelum kita benar-benar sadar. Walaupun sudah membuka mata, tapi otak kita tidak akan langsung terbangun.

Itulah mengapa, biasanya kita akan merasa pusing ataupun linglung ketika baru saja bangun tidur. Apabila tidak bisa mengatasi sleep inertia, kamu akan tertidur kembali. Biasanya hal tersebut akan terjadi dalam kurun waktu 15 sampai 60 menit. Kondisi itulah yang bisa membuat keterampilan motorik dan juga kognitif kamu menjadi melambat. Oleh karena itu, terkadang kita akan merasa malas untuk melakukan kegiatan apapun saat baru terbangun dari tidur.

Higienitas tidur yang buruk

Halaman Berikutnya
SumberGramedia.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm