Jangan Anggap Sepele, Sering Sakit Punggung Bisa Jadi Tanda Adanya Batu Ginjal, Kenali Gejalanya!

25 Juli 2022 16:10 WIB
Sering Sakit Punggung Bisa Jadi Tanda Adanya Batu Ginjal, Kenali Gejalanya.
Sering Sakit Punggung Bisa Jadi Tanda Adanya Batu Ginjal, Kenali Gejalanya. ( Freepik)

Sonora.ID - Sakit punggung sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal sakit punggung bisa menjadi salah satu indikasi awal timbulnya penyakit yang lebih serius seperti munculnya penyakit batu ginjal.

Ginjal yang terdiri dari dua buah organ seukuran kepalan tangan merupakan salah satu organ vital yang dimiliki oleh tubuh dan berfungsi untuk menyaring darah dari limbah dan membuangnya melalui urin serta mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh.

Selain itu ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar pH dalam darah, garam dan kalium dalam tubuh.

Ginjal juga dapat menghasilkan hormon-hormon yang bermanfaat bagi tubuh seperti hormon renin untuk mengontrol dan mengatur tekanan darah, hormon eritropoietin (EPO) untuk merangsang sumsum tulang dalam rangka memproduksi sel darah merah dan hormon kalsitriol yakni bentuk aktif dari vitamin D yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Baca Juga: Agar Tidak Berujung Fatal, Kenali 5 Gejala Batu Ginjal Ini, Kalau Sudah Tahu Segera Berobat Ya!

Namun, kadang kala masalah yang muncul pada ginjal tidak dapat dideteksi secara kasat mata. Seperti adanya pembentukan batu ginjal yang awalnya berukuran kecil seperti butiran pasir hingga berkembang menjadi seukuran kerikil.

Ada batu ginjal yang dapat keluar secara alami melalui urin sehingga tidak perlu bantuan medis untuk menanganinya, tetapi jika batu ginjal sudah tersangkut di saluran urin maka dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan dapat menghambat aliran air seni. 

Oleh karena itu perlu bagi kamu untuk mengetahui gejala-gejala awal batu ginjal seperti berikut.

Sakit punggung

Nyeri punggung yang disebabkan oleh batu ginjal biasanya disertai dengan rasa pegal-pegal dan dapat meningkat menjadi rasa kram yang semakin parah.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa nyeri karena batu ginjal ini lebih menyakitkan daripada kontraksi melahirkan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm