Kemenkumham Sulsel Bentuk Tim Respon Dugaan Narkoba Beredar di Lapas Takalar

29 Juli 2022 12:55 WIB
Konferensi pers Kanwil Kemenkumham Sulsel
Konferensi pers Kanwil Kemenkumham Sulsel ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan membentuk tim tanggap darurat bantuan kendali operasional (BKO).

Langkah ini diambil merespon dugaan beredarnya narkoba di dalam lapas kabupaten Takalar.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto mengatakan, tim dibentuk atas arahan langsung kepala kanwil.

Mereka kemudian ditugaskan di lapas Takalar. Sementara semua pegawai yang terindikasi ditarik ke Kanwil untuk dilakukan pembinaan.

Sebagai hasil setelah dilakukan pengembangan, tim berhasil menggagalkan empat kali upaya penyelundupan narkoba dari luar Lapas dan pelakunya telah ditangkap.

"Modus yang digunakan bandar dengan narkoba memasukkan ke dalam makanan yang dibawa oleh pembesuk, melalui kaleng cat, dimasukkan ke dalam plamir dan dilempar masuk dari luar tembok Lapas," ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel Gandeng DJKI Edukasi Masyarakat Cegah Pelanggaran HKI

Suprapto menyebut jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulsel saat ini mencapai 10.360 orang dan 80 persen isinya pengguna narkoba. Jumlah tersebut over kapasitas, melampaui kapasitas daya tampung yang hanya 3.400 orang.

"Untuk menunjang pelayanan WBP tetap maksimal telah dilakukan retribusi WBP dari UPT padat ke UPT lain yang diperhitungkan masih layak untuk penempatan WBP," tambahnya.

Kemenkumham tetap memaksimalkan dan meminimalisir potensi kejadian gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan. Saat ini telah tersedia kurang lebih 60 petugas BKO untuk seluruh daerah yang memerlukan tenaga khusus dan telah dibekali dengan pelatihan intelijen, tanggap bencana dan menembak.

Sementara Kepala kanwil, Liberti Sitinjak memberi penjelasan saat konferensi pers di kantornya, Jalan Sultan Alauddin, Makassar.

Dia membahas ekspose pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kanwil sebagai perwakilan Kemenkumham di Sulsel.

Baca Juga: Lapas Banjarmasin dan BIN Provinsi Kalsel Gelar Vaksinasi Massal Warga Binaan

Kanwil beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawahnya pada Kabupaten-Kota, membangun kemitraan dan bersinergi lintas lembaga dalam rangka bagaimana kinerja Kanwil sulsel berkontribusi membantu pemerintah daerah untuk mensukseskan seluruh program nasional maupun program yang terkait dengan tupoksi Kemenkumham di wilayah untuk kepentingan kemaslahatan masyarakat Sulsel.

Penjelasan teknis implementasi di lapangan, Kakanwil meminta para pimpinan tinggi yang mendampingi menjelaskan perkembangan kondisi terkini pada masing-masing divisi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm