Saaatnya Kenali Potensi Anda dengan Membaca Buku Rezeki Otak Kiri

3 Agustus 2022 17:30 WIB
Sarwadi Eka Sarbini memperkenalkan bukunya bertajuk Rezeki Otak Kiri
Sarwadi Eka Sarbini memperkenalkan bukunya bertajuk Rezeki Otak Kiri ( Dok Sonora.id)

Makassar, Sonora.ID - Setiap bagian otak manusia bertanggung jawab dalam proses berpikir dan memiliki kemampuan khusus tertentu. Meski masih ada persilangan kemampuan antara kedua belahan otak tersebut.

Eksperimen telah menunjukkan bahwa dua sisi otak yang berbeda dapat menyebabkan perilaku berpikir yang berbeda. Otak kiri lebih banyak digunakan untuk proses berpikir secara analitis, verbal, dan selaras. Sementara itu, otak kanan lebih digunakan untuk berpikir secara visual, intuitif, dan kreatif.

Sarwadi Eka Sarbini, seorang trainer sekaligus penulis, mencoba menuangkan pemikirannya terkait beberapa keunggulan otak kiri. Pemikiran tersebut kemudian terangkum dalam sebuah buku bertajuk Rezeki Otak Kiri yang terdiri dari 13 BAB. Dalam program Senin Inspirasi Smartfm, pria kelahiran Jeneponto ini menceritakan seputar bukunya.

Sebelumnya, melalui kata pengantar, Sarwadi mengatakan, buku ini bukan bermaksud membantah pemahaman tentang 'kananisme' alias orang-orang yang beraliran otak kanan. Buku ini sebagai pelengkap agar tak ada lagi istilah, hanya otak kanan yang terbaik.

"Kita juga punya potensi otak kiri. Potensi-potensi otak kiri ini kalau dimaksimalkan hasilnya luar biasa. Bahkan bisa mengalahkan orang yang menggunakan otak kanan. kenapa? otak kanan memulai sesuatu, dan disempurnakan oleh otak kiri," ujar Sarwadi.

Menurutnya, banyak profesi yang justru membutuhkan otak kiri. Sebagai contoh adalah investor, dimana mereka pasti akan menganalisa dan teliti sebelum menanamkan modalnya. Begitupula dengan profesi lainnya.  

Ia mengatakan, buku ini memaparkan dahsyatnya otak kiri yang selama ini mungkin saja diketahui tapi tapi terabaikan. Kendati demikian, kata Sarwadi, masing-masing fungsi otak saling melengkapi satu sama lain.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Lebih Dominan Menggunakan Otak Kiri atau Otak Kanan?

Sekilas tentang profil Sarwadi, ia dikenal dengan julukan 'Mr. Magicvator' dan Praktisi Psikologi. Lulusan salah satu universitas di Makassar. Selain Rezeki Otak Kiri, karya lain pemuda kelahiran 19 Maret 1991 ini antara lain, The Miracle of You, 5 Mukjizat Manusia, 7 Jurus Negosiasi.

Ia rutin diundang mengisi seminar dan training di berbagai kota, serta terus membangun bisnis di bidang pendidikan.

Sarwadi aktif berbagi inspirasi di social media, pemilik event organizer dan lembaga pelatihan serta kursus bahasa Inggris yang dikelola bersama tim pusat dari kota Makassar dan Jeneponto, Rewana Organizer dan Rewana Education.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Lebih Dominan Menggunakan Otak Kiri atau Otak Kanan?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm