Petani Desa Giripurwo, Kabupaten Kulon Progo Gelar Panen Raya Uji Coba Jagung Pertiwi 06

9 Agustus 2022 13:09 WIB
Petani  Desa Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY melaksanakan panen raya  uji coba Jagung Pertiwi 06, Senin (8/8/22)
Petani Desa Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY melaksanakan panen raya uji coba Jagung Pertiwi 06, Senin (8/8/22) ( Istimewa)

Kulon Progo, Sonora.Id - Para petani tadah hujan Kelompok Tani Maju Rukun Pedukuhan Sabrang, Kelurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar panen raya tanaman jagung jenis Pertiwi 06 di areal Bulak Sabrang lokasi ujicoba Jagung Pertiwi seluas 3 Hektar pada, Senin (8/8/22)

Penanggungjawab ujicoba Jagung Jenis Pertiwi Samiyo menjelaskan bahwa ujicoba tanaman jagung dilahan milik petani dari Kelompok Tani di Pedukuhan Sabrang, Pedukuhan Wadas, Pedukuhan Pringapus, Pedukungan Grigak, Kebonromo, Nglengkong dan Pundung bertujuan meningkatkan hasil/kuantitas hasil petani khusus komoditas jagung.

Menurut Samiyo sebelum melakukan ujicoba jagung Pertiwi ini lahannya juga sudah pernah untuk ujicoba Tanaman Tumpangsari PAJALE ( padi,jagung kedelai) hasilnya juga sangat bagus dan memuaskan.

"Khusus tanaman jagung dengan luas lahan 3.000 meter persegi mampu menghasilkan 700 kg jagung Hibrida jenis BISI 2 pipil kering, sedangkan untuk jagung Jenis Pertiwi baru yang baru panen pertama kali belum kering dan belum diketahui berapa kilogram hasilnya," kata Samiyo.

Sementara itu Lurah Desa Giripurwo, Girimulyo Kulon Progo Mardi Santosa menyambut baik dan mengapresiasi petani 2 Kelompok Tani maju Rukun dan Karya Mandiri di Pedukuhan Sabrang yang telah melakukan ujicoba komoditas jagung Hibrida Unggul jenis Pertiwi 06.

"Dengan adanya ujicoba panen raya Jagung Pertiwi yang berumur 100 hari ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian serta meningkatkan nilai ekonomi bagi warga Pedukuhan Sabrang maupun warga Giripurwo pada umumnya," tutur Mardi.

Mardi Santosa juga menyambut baik langkah yang dilakukan oleh PT Agri Makmur Pertiwi dari Kediri Jawa Timur telah menjalin kerjasama dengan Kelompok Tani di Giripurwo membantu benih unggul jagung Hibrida Jenis Pertiwi 06. Iapun mengajak para petani di Giripurwo untuk meningkatkan hasil pertaniannya untuk memilih benih yang unggul, tahan hama dan apabila jagung Hibrida Jenis Pertiwi dianggap baik bisa dilanjutkan dan ditanam serta dikembangkan kembali bukan hanya di wilayah Sabrang tetapi di sekitar wilayah Giripurwo, sehingga dapat menambah kesejahteraan keluarga.

"Terima kasihnya kepada PT Agri Makmur Pertiwi dari Kediri Jawa Timur yang telah menjalin kerjasama dengan Kelompok Tani Maju Rukun dan Karya Mandiri Sabrang, Giripurwo yang dapat dipanen raya hari ini, mudah-mudahan kerjasama ini dapat dikembangkan dibidang yang lain serta diwilayah yang lain pula," tutup Mardi Santoso.

Sementara itu Achmad Zainudin dari Perwakilan PT Agri Makmur Pertiwi dari Kediri Jawa Timur untuk Wilayah kerja DIY dan Purworejo menuturkan bahwa potensi satu wilayah dengan wilayah lain sangat berbeda. Apabila wilayah Purworejo sampai pesisir potensinya semongko, Kulon Progo berbeda yaitu potensi pesisir selatannya Melon, Cabai, Kangkung. 
Sementara untuk wilayah Bantul tanaman Cabai diwilayah Samas dan sebagaian besar wilayah ini tanaman padi.

"Kondisi alam dan potensi lahan di Kulon Progo sangat potensial untuk tanaman jenis Jagung Hibrida Pertiwi karena di wilayah ini menguasai hampir 60 persen," kata Achmad.

Achmad Zainuddin menambahkan bahwa Jagung Hibrida Jenis Pertiwi 1-06 ini murni karya dari Anak Bangsa, Tenaga-tenaga Ahlinya semua dari Indonesia dan kita harus bangga dengan produk ini. Produk Pertiwi lebih dari 100 jenis.Jagung saja ada sampai 6 varian, Jagung manis juga samai 6 varian/jenis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm