Pentingnya Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Gotong Royong, Menyambut HUT RI ke -77

15 Agustus 2022 11:00 WIB
RD. Guido Suprapto
RD. Guido Suprapto ( koleksi pribadi penulis)

Palembang, Sonora – Tanggal 17 Agustus 2022 Bangsa Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaannya yang ke -77.

Tema yang diangkat tahun ini adalah Pulih lebih cepat , Bangkit lebih kuat.

RD. Guido Suprapto, Rektor Seminari Tinggi Santo Petrus Pematang Siantar, Seminari Tinggi Inter Diosesan Regio Sumatera kepada Sonora (14/08/2022) mengatakan tanpa didukung semangat nasionalisme dan gotong royong dalam masyarakat maka tema ini akan sulit diwujudkan.

Oleh sebab itu penting memperkuat nasionalisme dan gotong royong.

“Sejauh pengamatan saya, semangat itu ada tapi perlu optimalisasi perwujudannya dan upaya yang lebih kreativ dan relevan, bagaimana bisa membantu pemerintah dalam rangka memulihkan kondisi akibat pandemic,” ujarnya.

Meskipun optimisme ada namun berat untuk pemulihan dibidang ekonomi, maka semangat yang perlu ditumbuhkan adalah ketika kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Kita tidak boleh boros dan tidak boleh egois. Selagi kita mampu maka kita perlu ikut meringankan beban saudara-saudara kita tanpa menunggu inisatif pemerintah terlebih dahulu.

Di masa pandemic, media social ramai digunakan oleh masyarakat. Sebaiknya media social digunakan untuk hal-hal yang produktif dan menciptakan suasana yang kondusif sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: 11 Contoh Puisi Kemerdekaan untuk Meriahkan HUT RI dan Bakar Semangat!

Tidak membuat dan menebar hoax yang dapat memancing emosi, membuat konten-konten positif dan yang menginspirasi kebaikan bersama.

Dengan latar belakang yang berbeda-beda, konflik bangsa sudah mulai berkurang, namun perlu mengupayakan keberagaman dan jangan jadi potensi konflik.

Di beberapa tempat masih ada perbedaan latar belakang. Hal itu bisa jadi potensi konflik, ini jadi PR kita bersama baik tokoh-tokoh agama, masyarakat agar membawa umatnya menjaga kerukunan dengan latar belakang perbedaan.

Bangsa Indonesia memiliki bonus demografi. Anak-anak muda menjadi modal bangsa. Perlu upaya maksimal memberi kesempatan kepada anak muda.

Hal ini membutuhkan dukungan dari gereja dan masyarakat. Anak muda bisa berpartisipasi dari sekarang.

Generasi tua harus memberikan kesempatan kepada anak muda agar anak muda ikut berpartisipasi dan berkembang ditengah gereja dan masyarakat.

“mari kita menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 dengan penuh syukur. Sebagai suatu bangsa lebih penting agar masing-masing individu dan golongan berupaya berpartisipasi dan berkontribusi agar Indonesia lebih baik,” tutupnya.

Baca Juga: Dukung Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Kesbangpol Provinsi Bali Bagi 7000 Bendera Merah Putih di Perempatan Sanur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm