9 Artis Kleptomania yang Bikin Dunia Geger, Ketahuan Mengutil Korek Sampai Sempat Dipenjara!

16 Agustus 2022 15:05 WIB
9 Artis Kleptomania (Winona Ryder dan Britney Spears)
9 Artis Kleptomania (Winona Ryder dan Britney Spears) ( Instagram @britneyspears @winonaryderofficial)

Sonora.ID - Baru-baru ini viral seorang wanita diduga mengidap kleptomania mencuri cokelat di sebuah minimarket. Adakah kalangan artis yang juga memiliki kleptomania?

Dikutip dari Mayo Clinic, kleptomania adalah ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan mencuri barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Kleptomania juga disebut sebagai gangguan kesehatan mental yang langka, tapi serius.

Dilansir dari Cleveland Clinic, gejala utama dari kleptomania adalah seseorang bertindak berdasarkan dorongan atau kebutuhan yang tak tertahankan untuk mencuri barang atau benda.

Sejumlah artis ternama diketahui juga mengidap kleptomania. Siapa saja di antaranya? Simak ulasannya dilansir dari Cheatseet.

Baca Juga: Apa Itu Kleptomania? Diduga Jadi Penyebab Ibu Curi Coklat di Alfamart

1.Winona Ryder

Winona Ryder merupakan salah satu artis papan atas yang terpergok memiliki skandal kleptomania.Kasus pengutilan yang dilakukannya sempat bikin geger di tahun 2001 lalu.

Dia ditangkap karena mencuri pakaian dan aksesoris senilai $5.500 atau Rp 81,2 juta di Saks Fifth Avenue di Beverly Hills.

Sebab hal itu, dia tak bekerja di Hollywood sampai tahun 2006. Meski sempat jadi bulan-bulanan media, Winona Ryder mengungkapkan rasa syukurnya karena pada akhirnya bisa segera mendapatkan pertolongan medis.

Hal itu diungkapkannya dalam salah satu wawancara pada 2013 silam.

“Dengan cara yang aneh, itu hampir seperti hal terbaik yang bisa terjadi karena saya tidak pernah bertanya pada diri sendiri pertanyaan sebelumnya,” ungkapnya.

2.Amanda Bynes

Pada tahun 2014, aktris Amanda Bynes mengalami gangguan psikotik yang menyebabkan sejumlah insiden terkait dirinya jadi sorotan.

Pemeran What I Like About You dituduh mencuri topi $200 atau Rp 2,9 juta dari toko Barney's di New York City karena kleptomania yang diidapnya.

3.Kim Richards

Bintang The Real Housewives of Beverly Hills ini dituduh mengambil barang senilai $600 atau Rp 8,8 juta dari sebuah toko belanja murah di Van Nuys, California.

Akibat insiden tersebut, Richards dipenjara dan dibebaskan pada hari berikutnya setelah memberikan jaminan $ 5.000 atau setara Rp 73,9 juta.


Baca Juga: Kepergok Ngutil Cokelat, Ibu-ibu Bermobil Mercy Ini Justru Desak Karyawati Alfamart Minta Maaf sampai Bawa Pengacara

4.Lindsay Lohan

Lindsay Lohan juga termasuk salah satu artis yang punya riwayat kleptomania.

Bintang Mean Girls ini sempat mendapat masalah setelah ketahuan membawa kabur kalung seharga $2.500 atau Rp 36,9 juta dari sebuah toko perhiasan.

5.Britney Spears

Di tahun 2007, Britney Spears diduga mencuri wig dari toko Hustler di Hollywood karena riwayat kleptomania yang diidapnya.

Dia juga sempat mengambil pemantik api dari sebuah pompa bensin.

Beruntung kini kondisi Spears sudah membaik dan berangsur membaik dari gangguan mental yang dideritanya,

6. Farrah Fawcett

Aktris yang terkenal ketika berperan sebagai Charlie's Angel ini juga ketahuan mengidap kleptomania.

Saat puncak popularitasnya, ia pernah ketahuan mengutil pakaian dari toko yang dikunjunginya, bahkan perilaku itu dilakukannya sebanyak dua kali.

7.Megan Fox

Artis yang juga punya riwayat kleptomania adalah Megan Fox.

Megan Fox ketahuan mengutil beberapa kali di supermarket. Dia sempat dilarang masuk supermarket Walmart seumur hidup setelah kedapatan mencuri sebuah lip-gloss.

Baca Juga: Apa Itu Kleptomania? Diduga Jadi Penyebab Ibu Curi Coklat di Alfamart

8. Shelley Morrison

Shelley Morrsion juga pernah kedapatan mengutil perhiasan dari sebuah toko pada 2003 lalu.

Karena perbuatannya, ia sempat ditangkap dan didakwa melakukan pencurian.


9. Kristin Cavallari

Bintang The Hilss ini juga termasuk artis dengan riwayat kleptomania.

Pada tahun 2006, Stephanie Pratt tertangkap mencoba mengambil barang dagangan senilai $1.300 atau Rp 19,2 juta di toko Neiman Marcus di Honolulu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.