Sambut Kemerdekaan RI, Yayasan Peri Kertas Nusantara Bagikan 2.000 Papercraft Kit Gratis

18 Agustus 2022 15:01 WIB
Seorang wanita mengenakan pakaian adat dalam peluncuran Nusantara Papercraft Kit  memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang dilaksanakan di Trans Studio Mall, Cibubur, Rabu (17/8/22)
Seorang wanita mengenakan pakaian adat dalam peluncuran Nusantara Papercraft Kit memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang dilaksanakan di Trans Studio Mall, Cibubur, Rabu (17/8/22) ( Istimewa)

Cibubur,Sonora.Id - Yayasan Peri Kertas Nusantara meluncurkan Nusantara Papercraft Kit dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang dilaksanakan di Trans Studio Mall, Cibubur pada 17 Agustus 2022. Nusantara Papercraft Kit merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mengedukasi dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia melalui karya seni model kertas 3 dimensi.

Seri Nusantara Papercraft Kit tahap pertama ini terdiri dari 10 provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Setiap paket terdiri dari papercraft rumah adat, bangunan terkenal (landmark) dan pakaian adat dari masing-masing daerah yang dapat dirangkai menjadi sebuah diorama. Seri ini juga diperkaya dengan informasi budaya dari masing-masing papercraft yang dirakit.

Ketua Yayasan Peri Kertas Nusantara, Rauf Raphanus mengatakan, sebagai bentuk kontribusi kami untuk melestarikan budaya Indonesia maka kami membagikan Nusantara Papercraft Kit sebanyak 2.000 paket secara gratis melalui institusi yang terkait dengan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

"Sebagai simbolisasi, dalam acara peluncuran ini kami menyerahkan 250 paket Nusantara Papercraft Kit kepada 5 institusi , yaitu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perpustakaan Jakarta, Jaringan Sekolah Alam Nusantara dan Perwakilan RWYC (Reconnecting With Your Culture) Indonesia," kata Rauf dalam keterangan pers kepada media.

Adapun seremoni peluncuran Nusantara Papercraft Kit akan dihadiri oleh Direktur Musik Film dan Animasi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. Mohammad Amin, S.Sn., M.Sn., MA, Kepala Pokja Diplomasi Budaya dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Yusmawati, serta Kepala Bidang Perluasan Pasar UKM Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Agni Iswarani.

Hadir juga Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi DKI Jakarta Drs. Suryanto, M.Si dan tokoh pengamat kebijakan publik Agus Pambagio. Selain itu, ketua dan pendiri dari beberapa komunitas yang bergerak di bidang kebudayaan, pendidikan, parenting, dan literasi juga dijadwalkan hadir. Komunitas Peri Kertas yang dibangun tahun 2008 merupakan komunitas Papercraft terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 20.000 orang yang tersebar di 43 regional basis kota se-Indonesia.

Pada tahun 2021, Peri Kertas berhasil masuk dalam Facebook Community Accelerator Program, sebuah program yang membantu para pemimpin komunitas mewujudkan gagasan yang mempunyai dampak menjadi tindakan dengan memanfaatkan kekuatan komunitasnya. Nusantara Papercraft Kit merupakan salah satu inisiatif dari Peri Kertas dalam program ini. Peluncuran Nusantara Papercraf

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm