5 Contoh Teks Ulasan Singkat beserta Strukturnya, Materi Bahasa Indonesia

19 Agustus 2022 13:00 WIB
Ilustrasi Contoh Teks Ulasan Singkat beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Teks Ulasan Singkat beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Pelajaran Bahasa Indonesia mempelajari beberapa teori di dalamnya, salah satunya adalah jenis-jenis teks dan strukturnya, termasuk di antaranya adalah teks ulasan singkat beserta strukturnya.

Ketika duduk di bangku sekolah pelajaran mengenai teks ulasan ini menjadi materi wajib.

Dalam kehidupan sehari-hari juga kerap ditemukan contoh teks ulasan singkat, misalnya dalam review make up, film, lagu, atau hal-hal lain yang bisa dibahas dan banyak disukai sehingga banyak yang mencari ulasan tersebut.

Seperti namanya, teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan atau review suatu hal, seperti buku, lagu, film, karya, hingga produk tertentu.

Berikut ini adalah 5 contoh teks ulasan singkat beserta strukturnya, lengkap!

  • Contoh teks ulasan singkat: film

Judul: Ulasan Film “5 CM” yang disutradarai oleh Rizal Mantovani

Orientasi: Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Shah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Ulasan: Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. 

Mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.