Viral Pemuda Sragen Makan Sesajen di Sendang dan Kuburan, Ternyata Alasannya Karena Lapar

22 Agustus 2022 16:35 WIB
Viral Pemuda Sragen Makan Sesajen di Sendang dan Kuburan, Ternyata Alasannya Karena Lapar
Viral Pemuda Sragen Makan Sesajen di Sendang dan Kuburan, Ternyata Alasannya Karena Lapar ( Tribun Solo)

 

Sragen-Sonora.ID - Seorang pemuda asal Sragen yang mendatangi kuburan dan sendang yang berisi sumber air kini viral di media sosial.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @bak_prabu, Jumat (5/8/2022), viral dengan jumlah tayangan lebih dari tujuh juta kali.

Dalam video tersebut, pemuda itu mendatangi tempat-tempat tersebut hanya untuk memakan sesajen. Pemilik akun dalam video tersebut yaitu Prabu (22) menceritakan pengalamannya ini.

Prabu merupakan pemuda asal Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah yang awalnya teringat tanggalan Jawa bahwa pada Jumat (5/8/2022) adalah hari Jumat Pon.

Ia menceritakan Titik Jumat Pon-an itu ada dua lokasi, satu di sendang dan satunya di kuburan,biasanya banyak makanan yang diletakkan dekat sendang atau sumber mata air, serta di kuburan,karena itu sudah bagian tradisi dari warga sekitar.

Baca Juga: Viral Video Balap Liar Mobil di Jalan Slamet Riyadi Solo, Gibran akan Cari Pelakunya

Dalam video unggahan Prabu, beberapa makanan yang ia jumpai di sendang seperti ayam, pisang, kerupuk, dan nasi beserta lauk pauk yang dibungkus daun pisang.

Prabu menceritakan jika dirinya kesana karena lapar dan ternyata disana ada satu paket makanan,lalu ia makan sepaket nasi tahu tempe dan ayam secuil,dan menurutnya makanan itu tidak kalah dengan makanan yang dijual-jual di warung.

"Menurutku makanan ini tidak kalah dengan makanan yang dijual di warung," ujarnya.

Setelah di Sendang, Prabu mengunjungi kuburan dan mendapatkan makanan lagi, dirinya lantar memakan sesajen itu alasannya karena dia sudah terbiasa melakukannya dan menyayangkan apabila makanan itu mubazir tidak ada yang makan.

"Kalau makan sajen itu sudah berkali-kali sih kalau di sini, kalau masih enak tidak basi ya saya makan, daripada mubazir ," jelasnya.

Prabu juga mengungkapkan jika tidak hanya dirinya saja yang memakan sesajen,warga sekitarnya terutama orang-orang tua pun pun juga melakukan hal yang sama.

"Di sini orang-orang tua itu banyak yang makan sesajen, tapi mereka makannya dibawa ke rumah," lanjut Prabu.

Meskipun demikian sebagian orang mengira apa yang dilakukan Prabu, masih dianggap sebagai sesuatu yang ekstrim dan sakral.

Prabu juga mengungkapkan dirinya tidak merasakan takut saat memakan makanan di kuburan ataupun sendang.

"Kalau takutnya sih enggak, yang penting kita saling menghargai," jelas Prabu.

Dirinya juga bercerita kalau pernah mengalami mimpi buruk setelah memakan sesajen yang ada di sendang dan kuburan itu. Kala itu Prabu bermimpi seperti seolah-olah dikejar hantu yang akan menyerangnya. 

"Saya makan sesajen itu (setelahnya) cuma mimpi kayak dikejar-kejar hantu, (seperti akan) diserang," kisah Prabu.

Baca Juga: Viral Siswi SMP di Garut Dicekik Hingga Dibenturkan Kepalanya Kebangku oleh Teman Sekolahnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm