KKN UMBY Berikan Psikoedukasi tentang Dampak Adiksi Gadget Bagi Generasi Muda di Pedukuhan Sabrang, Giripurwo, Kulon Progo

23 Agustus 2022 10:44 WIB
Kegiatan psikoedukasi dampak kecanduan gadget dikalangan generasi muda dalam rangka KKN UMBY Kelompok 09 dengan POSREM Sabrang, Giripurwo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Kegiatan psikoedukasi dampak kecanduan gadget dikalangan generasi muda dalam rangka KKN UMBY Kelompok 09 dengan POSREM Sabrang, Giripurwo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ( Istimewa)

Kulon Progo, Sonora.Id - Sebanyak Dua belas mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Pedukuhan Sabrang,Giripurwo,Girimulyo,Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa program KKN PPM bekerja sama dengan komunitas yang berada di Pedukuhan Sabrang. Salah satu komunitas yang  bekerja sama yaitu komunitas Posyandu Remaja Sabrang (POSREM Sabrang)

Ketua Komunitas Posrem Sabrang Nita (17) menyatakan bahwa kegiatan KKN PPM UMBY Kelompok 09 dapat memberikan edukasi tentang bahaya kecanduan gawai dikalangan generasi muda dan anak-anak. Menurut Nita, edukasi ini dirasa perlu mengingat seluruh anggota Posyandu Remaja Sabrang mulai dari anggota yang masih bersekolah di taraf sekolah dasar sampai sekolah menengah ke atas semuanya menggunakan gawai.

"Beberapa dari anak-anak tersebut tampak terlalu fokus pada gawai pada ketika mengikuti kegiatan perkumpulan posyandu remaja sehingga terlihat abai akan keadaan lingkungan sekitar," ujarnya.

Seperti diketahui kecanduan gawai sendiri memiliki dampak yang cukup membahayakan bagi setiap penggunanya. Dampak fisik kecanduan gadget dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata, gangguan tidur/insomnia,efek radiasi dari gawai dan penyakit fisik yang ditimbulkan karena kecenderungan kurang gerak saat memakai gawai berlebihan. Sedangkan dampak kesehatan mental yang ditimbulkan bisa berupa kecemasan bahkan depresi.

Menanggapi kondisi tersebut,KKN PPM UMBY Kelompok 09 memberikan psikoedukasi yang berjudul "Gadget itu Bestie atau Enemy?". Psikoedukasi ini bertujuan agar remaja Sabrang dapat mengetahui bahwa gawai bisa dijadikan seorang sahabat atau kawan yang selalu mendukung jika dimanfaatkan secara efektif dan positif atau gawai juga bisa menjadi musuh yang merugikan terutama dalam kesehatan fisik dan mental jika digunakan secara berlebihan sehingga mengalami adiksi.

Psikoedukasi ini diikuti oleh anggota posyandu remaja dari rentang usia 10 hingga 18 tahun. Antusias peserta dalam mengikuti kegiatan sangat baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm