Contoh Carpon Bahasa Sunda Singkat, Ada Tiga Cerita Pondok yang Menarik!

2 September 2022 12:45 WIB
Ilustrasi menulis, contoh carpon bahasa Sunda singkat
Ilustrasi menulis, contoh carpon bahasa Sunda singkat ( Freepik)

Sonora.ID – Carita pondok atau carpon bahasa Sunda termasuk ke dalam karya rekaan fiksi yang ditulis berdasarkan pemikiran pengarang dalam bahasa Sunda. Berikut contoh carpon bahasa Sunda singkat.

Melansir laman Basa Sunda, cerita pendek menggambarkan tentang rekaan tentang kehidapan, bisa menyedihkan, memilukan, atau sesuatu hal yang tadinya sulit agar menjadi lebih mudah.

Carpon dalam bahasa sunda sendiri merupakan karya sastra dalam bentuk prosa modern seperti halnya novel, disebut sebagai cerita pendek, karna isi ceritanya yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan karya sastra seperti pada sebuah novel.

Karena ceritanya yang relatif pendek, carita pondok atau carpon juga hampir sama seperti dongeng. Perbedaannya, kalau dongeng terdapat bagian yang tidak masuk di akal atau bersifat khayalan, sedangkan dalam carpon isinya lebih bisa di artikan oleh akal, baik itu pada pelakunya, jalan ceritanya, tempat, waktu kejadian dan cerita yang dibuat lebih nyata dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Fakta Bahasa Sunda, Salah Satunya Punya Penutur Terbanyak di Indonesia!

Simak contoh carpon bahasa Sunda singkat berikut ini.

Contoh carpon bahasa Sunda singkat

Tugas Kelompok Ti Sakolaan (Oleh: Kustian)

Di dinten minggu nu kalangkung, abdi sareng rerencangan saurna kedah ngadamel kueh kanggo pancen kerja lelompok ti sakolaan. Abdi, Susi, sareng Rani sasarengan minangka hiji kelompok.

Disakolaan keneh, abdi tos ngusulkeun kanggo ngadamel kueh bulu, sareng rerencangan sadayana satuju kana usul abdi. Sabab salian gampil, bahan-bahana kanggo midamel kueh oge kawilang gampil dipilarian sareng hargana teu awis.

Isukna sakigaran Jam 4 sore, abdi sareng dua rerencangan abdi tos kararumpul sadayana. Abdi, Rani, sareng Susi sasarengan ngadamel kueh teh di bumi abdi. Artos sadayana parantos di siapken samemehna, kitu oge sareng parabotan masakna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm