Tindak Lanjut Kunjungan Menkes RI ke WMP Yogyakarta: Melihat Potensi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Indonesia

5 September 2022 12:55 WIB
Staf B2P2VRP Salatiga melihat langsung proses penyiapan nyamuk ber-Wolbachia yang akan dilepas di area implementasi.
Staf B2P2VRP Salatiga melihat langsung proses penyiapan nyamuk ber-Wolbachia yang akan dilepas di area implementasi. ( )

Yogyakarta, Sonora.ID - Pasca kunjungan Budi Gunadi Sadikin ke Laboratorium Entomologi WMP Yogyakarta pada 22 Juli lalu, Menkes RI mengirimkan timnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi Wolbachia.

Tim berjumlah 6 orang yang merupakan perwakilan dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga berkunjung ke Laboratorium Entomologi dan Diagnostik WMP Yogyakarta pada 1 September 2022.

“Kunjungan ini dalam rangka penguatan teknik pemeliharaan Aedes aegypti ber-Wolbachia sebagai tindak lanjut dari kunjungan Menkes beberapa waktu yang lalu. Tujuan kami berkunjung ke WMP Yogyakarta adalah untuk mempelajari dan mengetahui sistem produksi serta pengelolaan nyamuk Aeaegypti berWolbachia yang telah diimplementasikan di Yogyakarta,” ujar Lulus Susanti, SKM, MPH, Sub Koordinator Sub Substansi Sarana Penelitian dan Pengembangan B2P2VRP.

“B2P2VRP telah mendapat surat penugasan dari Kemenkes, dan pada pertemuan pagi ini kami ingin berdiskusi tentang proses produksi telur di Laboratorium Entomologi WMP Yogyakarta, serta lay out laboratorium dalam pemeliharaan nyamuk,” tambah Lulus Susanti.

Baca Juga: Hati-hati Kena DBD, Golongan Darah O Paling Disukai Nyamuk! Ini Alasannya!

Evi Sulistyorini, SKM, M.Si, Sub Koordinator Sub Substansi Sarana Pengembangan dan Pengkajian B2P2VRP menyampaikan tentang fasilitas pemeliharaan nyamuk di B2P2VRP.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Basmi dengan Nyamuk dengan Mudah, Bisa Pakai Air Sabun!

Selain itu, setiap tahun dilakukan uji kerentanan pada berbagai jenis insektisida dan juga uji bebas virus yang dilakukan di Laboratorium Virologi.

Dalam kunjungan ini Warsito Tantowijoyo, Ph.D, ahli entomologi WMP Yogyakarta, memaparkan tentang faktor-faktor penting dalam menyiapkan fasilitas untuk pengembangbiakan nyamuk Aeaegypti ber-Wolbachia, yaitu tentang sistem produksi nyamuk, fasilitas seperti gedung, ruangan khusus, alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam pengembangbiakan nyamuk, sumber daya manusia (SDM) yang terlatih, adanya standard operating procedure (SOP), serta sistem quality assurance (QA) yang baik.

“Tujuannya agar karakteristik nyamuk yang sudah ber-Wolbachia yang dilepaskan sama dengan karakteristik nyamuk yang ada di lapangan, sehingga nyamuk ber-Wolbachia dapat berkembangbiak di lingkungan dan memberikan manfaat perlindungan dari virus dengue,” papar Warsito.

Setelah kunjungan di Laboratorium Entomologi, perwakilan dari B2P2VRP melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Diagnostik.

Di laboratorium yang sepenuhnya didanai oleh Yayasan Tahija tersebut, mereka mendapatkan paparan tentang aktivitas yang dilakukan staf Laboratorium Diagnostik, mulai dari memandikan sampel nyamuk Ae. aegypti dari lapangan, hingga identifikasi Wolbachia dengan tes PCR.

Baca Juga: Pantas Kulit Gampang Bentol, Ternyata Pemilik Golongan Darah Ini Memang Lebih Sering Digigit Nyamuk

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm