Manfaat Keragaman Karakteristik Individu, Materi Tematik Kelas 4 SD

6 September 2022 13:00 WIB
Ilustrasi Manfaat Keragaman Karakteristik Individu
Ilustrasi Manfaat Keragaman Karakteristik Individu ( Freepik.com)

Sonora.ID - Masing-masing orang memiliki karakter yang berbeda, bahkan anak kembar sekalipun tidak memiliki karakter yang sama persis dengan kembarannya tersebut.

Meski mungkin kamu memiliki salah satu karakter yang sama dengan teman dekatmu, tetapi kamu pasti memiliki perbedaan pada sikap yang lainnya.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan berbagai keragaman, suku, agama, dan ras menjadi pembentuk karakter yang berbeda-beda tersebut.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakteristik adalah mempunya sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu, karakter juga adalah gaya hidup seseorang serta nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial: Pengertian dan Contoh

Berdasarkan materi Tematik Kelas 4 SD, macam-macam karakteristik individu di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal:

  1. Suku
  2. Agama atau kepercayaan
  3. Ras
  4. Pengetahuan atau pendidikan
  5. Pekerjaan
  6. Hobi
  7. Kondisi fisik

Ketahuilah bahwa keragaman tersebut justru membawa banyak manfaat.

Baca Juga: Keterampilan Komunikasi Antar Budaya jadi Skill Penting Untuk Unggul Bersaing di Bursa Kerja!

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat keragaman karakteristik individu:

  • Sikap nasionalisme. Rasa cinta Tanah Air karena Tanah Air-lah yang mempersatukan keragaman tersebut dan menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kaya.
  • Identitas bangsa. Keberagaman menjadi salah satu ciri khas bangsa yang kemudian dikenal oleh dunia sebagai negara yang beragam.
  • Memupuk toleransi dan hidup rukun. Karena terbiasa hidup dalam keragaman, sejak kecil kita terbiasa dengan perbedaan dan toleransi atas adanya perbedaan tersebut.
  • Kepandaian bersosialisasi. Karena ada banyak karakteristik individu, kita jadi tahu bagaimana berbicara dan berperilaku dengan berbagai model karakter.
  • Berbagi ilmu. Keberagaman membuat sumber ilmu pun menjadi lebih banyak, ketika kita mau mendengar dan toleransi, maka kita juga siap untuk belajar ilmu baru dalam hidup. Ketika teman kita memiliki hobi yang berbeda, kita bisa belajar bidang baru dalam hidup.
  • Pemersatu bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keragaman adalah dengan memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika.
  • Menambah pendapatan. Karena menjadi simbol wisata sehingga menambah devisa negara.

Baca Juga: Gak Perlu Carmuk! Ini 4 Karakter Utama yang Disukai Calon Mertua

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm