The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair, Langkah SMA Kanisius Jakarta Untuk Bangkitkan Dunia Pendidikan Indonesia.

9 September 2022 16:22 WIB
Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ
Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ ( Paramayudha)

Jakarta,Sonora.Id - SMA Kolese Kanisius Jakarta kembali menggelar Pameran Pendidikan di tahun 2022 ini, yaitu The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair, yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 September 2022 dengan mengusung tema 'Go Beyond The Barriers, Facing the Brighter Future'.

Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ dalam keterangannya menyatakan, meskipun pandemi COVID-19 hingga saat ini masih belum berakhir, The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair tetap dilaksanakan, dengan harapan, Kanisius dapat terus menyalakan harapan, untuk menggapai masa depan yang lebih baik dan cerah, meskipun dampak Pandemi COVID-19 masih ada.

"Jadi di dalam situasi penuh keterbatasan ini, kami berupaya untuk mencari jalan keluar, terobosan, untuk keluar dari barriers (Pandemi COVID-19) ini, untuk kemudian menatap masa depan yang lebih cerah, lebih-lebih para siswa, para anak-anak kita yang sekarang sedang berada di duduk bangku sekolah ini," ujar Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ, Jumat (9/9/2022).

Para peserta didik kelas XII sebentar lagi akan mengakhiri masa pendidikannya di tingkat sekolah menengah atas, sementara itu kelas XI dan X juga harus segera menentukan, jurusan apa yang akan mereka pilih nantinya. Oleh sebab itu, untuk memberikan gambaran, SMA Kanisius membantu para peserta didik dan para orangtua, untuk mencapai kemantapan dalam pemilihan studi lanjutan para peserta didik.

"Kelas X, XI, XII atau bahkan dari SMP, bisa mendapat kesempatan untuk dapat berorientasi pada masa depan mereka. Mencari perguruan tinggi yang terbaik, sesuai dengan keinginan mereka, supaya mereka dapat menata masa depan mereka dengan lebih cerah," harap Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Melalui Karya Ilmiah, SMA Kolese Kanisius Jakarta Buktikan Kebesaran Tuhanp

Sementara itu, Ketua Panitia The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair, Ignatius Fajar menjelaskan, The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair di ikuti oleh 60 partisipan yang terdiri atas 15 Perguruan Tinggi dalam negeri berakreditasi baik, 27 Perguruan Tinggi luar negeri, 10 perwakilan Kedutaan Besar negara sahabat, dan 8 institusi layanan pendidikan.

"Dengan adanya informasi yang jelas, jujur dan terbuka dari SMA Kolese Kanisius, Perguruan Tinggi dan Institusi Pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri, perwakilan Kedutaan dari negara-negara sahabat serta perwakilan lembaga asing akan sangat membantu para peserta didik dalam menentukan pilihan studi lanjutan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka," jelas Fajar, Jumat (9/9/2022).

Peserta dari perguruan tinggi dan institusi pendidikan luar negeri yang ikut dalam Pameran Pendidikan ini antara lain adalah Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Japan, Hokkaido University, The Hong Kong Polytechnic University, City University of Hong Kong (CityU), University of Toronto, University College London, Chinese University of Hong Kong, Lasalle Singapore, Culinary Arts Academy Switzerland, Campus Spain dan masih banyak lainnya.

Sementara perguruan tinggi dalam negeri yang mengikuti kegiatan ini antara lain adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Binus University, Prasetya Mulya, Sanata Dharma, ATMI Surakarta dan Cikarang serta masih banyak lainnya.

Sedangkan peserta dari Kedutaan Besar negara sahabat yang mengikuti Pameran Pendidikan ini antara lain adalah Kedutaan Besar Switzerland, Perwakilan Negara Belanda (Netherland Support Office-NESO), Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Italia, Kedutaan Besar Jerman dan lainnya.

Dalam Opening Ceremony The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair yang diselenggarakan pada hari ini (9/9), 280 siswa yang berkolaborasi bersama orangtua murid dan guru, menampilkan Pertunjukan Tarian Kolosal 'Dero', serta terdapat pertunjukan lainnya yang dibawakan oleh Canisius Wind Ensemble.

Selain itu pada hari ini (9/9), Kolese Kanisius turut menyelenggarakan studium generale yang menghadirkan, para narasumber yang kompeten, seperti; Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury; Kabid Digitalisasi KADIN, William Yang; Dirut PT. Sarinah, Jimmy Gani; serta CEO sekaligus Founder dari PAKAR, Aditya Kristanto Goenawan.

Selama berlangsungnya The 22nd Canisius (Hybrid) Education Fair, para siswa di seluruh Indonesia, dapat mengikuti Pameran Pendidikan ini melalui platform digital Canisius Edufair 2022, yang dapat diunduh dari Appstore maupun Playstore.

Dalam Pameran Pendidikan tersebut, para siswa dapat melihat booth pameran virtual perguruan tinggi, dan bertanya langsung melalui chat ataupun video call. Bahkan, para siswa dapat melihat presentasi perguruan tinggi, jurusan, pendidikan, program beasiswa dari Kedutaan Besar negara-negara sahabat, serta Penerimaan Siswa Baru SMA Kolese Kanisius Tahun Pelajaran 2023-2024.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm