Kelompok Seni Keprajuritan Rakyat DIY, Mengikuti Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Tata Nilai Budaya

11 September 2022 15:30 WIB
Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Tata Nilai Budaya Bagi Pelaku Seni Keprajuritan Rakyat DIY
Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Tata Nilai Budaya Bagi Pelaku Seni Keprajuritan Rakyat DIY ( Widihasto Wasana Putra)

Sonora.ID - Keberadaan Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakuakualaman merupakan cikal bakal kemunculan Daerah Istimewa Yogyakarta bagian dari NKRI.

Keduanya merupakan sumber sejarah dan sumber nilai yang menjadi rujukan keberlangsungan Yogyakarta masa kini dan pada era mendatang.

Sebagai sumber sejarah Kasultanan dan Kadipaten adalah entitas monarki pertama yang mendukung eksistensi republik.

Dukungan Kasultanan dan Pakualaman terhadap NKRI merupakan visi dan komitmen kebangsaan yang kedepan harus terus dipelihara.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pamer Kemampuan dan Lukisan Karyanya di F8 2022

Sebagai sumber nilai Kasultanan dan Kadipaten kaya berbagai warisan budaya tak benda (intangible) berupa filosofi, arsitektural, karya-karya satra termasuk didalamnya tata nilai budaya yang dapat dipakai sebagai acuan dalam menjawab tantangan zaman. 

Hal ini muncul dalam "Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Tata Nilai Budaya Bagi Pelaku Seni Keprajuritan Rakyat DIY" yang digelar Dinas Kebudayaan DIY bersama Sekber Keistimewaan DIY pada hari Minggu (11/9) di Bangsal Kepatihan Pakualaman Jalan Masjid No 5 Yogyakarta.
 
Hadir sebagai narasumber KRT. Kusumonegoro dan KRT Wiryaningrat (Kraton Yogyakarta), KPH. Indrokusumo dan BPH. Kusumo Bimantara (Kadipaten Pakualaman), Anies Izdiha (Dinas Kebudayaan DIY), Widihasto Wasana Putra (Sekber Keistimewaan DIY) dan Letkol Inf. Helmy (Komandan Batalyon Mekanis 403/Wirasada Pratista) serta Nur Sukiyo (Bregada Rakyat DIY).
 
Workshop dipandu moderator Agus Sunandar. 
 
 
Workshop diikuti seratus peserta perwakilan kelompok seni keprajuritan rakyat DIY antara lain bregada Wirososro, Rekso Winongo, Suryatmaja, Puroloyo, Purbodiningrat, Sindurejan, Rangsang Manggala, Prawiroyuda, Nitimanggala, Argo Satriya, Kyai Soro, Pasembaja, Saekokapti, Wirabraja, dan lainnya. 
 
KPH Kusumonegoro memaparkan pentingnya pelaku seni keprajuritan rakyat untuk terus mengolah dan mengasah ketrampilan seni keprajuritan rakyat sehingga menambah keragaman budaya di Yogyakarta.
 
Hanya saja ia mengingatkan agar seni keprajuritan tidak meniru sama persis bregada Kraton maupun Pakualaman.
 
Dipersilahkan untuk melakukan kreasi dan inovasi yang selaras dengan marwah seni keprajuritan. 
 
Baik Kraton maupun Kadipaten juga punya sejarah panjang yang meninggalkan warisan sejarah dan nilai budaya yang kiranya dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat masa kini termasuk oleh para pelaku seni keprajuritan rakyat.
 
Sementara BPH Kusumo Bimantara mendorong para pelaku seni keprajuritan untuk berani mengolah potensi lokal untuk ditampilkan dalam penampilan seni keprajuritannya masing-masing.
 
 
Seperti beberapa waktu lalu saat dirinya menjadi juri Festival Bregada ada penampilan kelompok peserta yang menggunakan topeng klono sebagai produk kerajinan khas daerahnya.
 
Hal semacam ini bisa dijadikan inspirasi oleh kelompok-kelompok seni keprajurutan lainnya sehingga ini menjadi ciri khas yang membedakan dengan keberadaan prajurit Kraton maupun Pakualaman. 
 
Anies Izdiha menerangkan bahwa DIY memiliki Perda No 4 Tahun 2011 tentang Tata Nilai Budaya.
 
Di dalamnya merangku lima aspek dasar yakni musyawarah, gotong royong, tenggang rasam, toleransi dan solidaritas sosial.
 
Lima aspek ini kemudian diturunkan dalam 14 tata nilai budaya yakni nilai religio-spriritual, nilai moral, nilai kemasyarakatan, nilai adat dan tradisi, nilai pendidikan dan pengetahuan, nilai teknologi, nilai penataan ruang dan arsitektur, nilai mata pencaharian, nilai kesenian, nilai bahasa, nilai benda cagar budaya dan kawasan cagar budaya, nilai kepemimpinan dan pemerintahan, nilai kejuangan dan kebangsaan dan nilai semangat keyogyakartaan.
 
Anies menggarisbawahi bahwa tata nilai budaya DIY ini menjadi tugas bersama untuk diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat.
 
Salah satu contoh selama ini ada anggapan masyarakat Yogyakarta itu dikenal ramah.
 
Predikat ini bisa jadi hal yang menjebak jika tidak pernah ada upaya mengimplementasikandalam kehidupan sehari-hari.
 
"Ramah itu yang seperti apa? Apakah memang betul kita ini ramah? Ini salah satu hal yang mungkin perlu terus dielaborasi" katanya. 
 
Widihasto Wasana Putra mengajak para pelaku seni keprajuritan rakyat DIY untuk juga mempelajari sejarah Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakulaman khususnya dalam  masa revolusi kemerdekaan RI.
 
Sri Sultan HB IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII memberikan sumbangsih sangat besar di fase menentukan nasib NKRI kala itu.
 
Sultan pernah menyumbang 6 juta gulden untuk biaya operasional pemerintah. Yogyakarta juga menyediakan diri menjadi Ibu Kota RI dari Januari 1946 hingga Desember 1949.
 
Di Kadipaten Pakualaman ada bangunan bernama Parangkarsa yang pernah jadi tempat tinggal sementara Bung Karno dan Bung Hatta saat awal-awal ibukota pindah ke Yogya.
 
Sultan HB IX menjadi inisiator peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Pengetahuan sejarah penting diketahui agar membentuk wawasan kebangsaan kita semua. 
 
Widihasto mendorong para pelaku seni keprajuritan dapat meningkatkan kapasitasnya dari kelompok seni keprajuritan menjadi agen kebudayaan, agen persatuan dan agen perdamaian yang berbasis pada nilai-nilai budayaditengah kondisi sosial yang cenderung terpolarisasi oleh berbagai kepentingan. 
 
Sementara Nur Sukiyo  mengungkapkan keberadaan seni keprajuritan rakyat DIY dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir terus berkembang.
 
Keberadaannya berbasis pedukuhan atau kalurahan. Kiprahnya semakin meluas bahkan terakhir diminta ikut mengiringi upacara penurunan bendera di Istana Gedung Agung pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2022 lalu. 
 
Sedangkan Letkol Inf. Helmy menegaskan pentingnya terus merajut relasi harmonis antar komponen warga masyarakat dengan TNI Polri untuk menjaga keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
Keberadaan komunitas pelestari seni keprajuritan menjadi salah satu komponen yang baik untuk memupuk kebersamaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm