Perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya, Jangan Sampai Keliru Lagi!

12 September 2022 10:00 WIB
Perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya (ilustrasi)
Perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya (ilustrasi) ( Pexels)

Sonora.ID - Selama ini banyak orang salah paham dengan beberapa istilah yang merujuk pada satu negara yakni Inggris. Padahal ada perbedaan antara Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya.

Sebagian orang masih banyak yang menganggap bahwa istilah England, United Kingdom dan Great Britain jika diartikan dalam bahasa Indonesia merujuk pada negara yang saat ini dipimpin oleh Raja Charles III tersebut.

Padahal ketiganya merupakan istilah yang berbeda merujuk pada luasnya kepulauan Inggris.

Agar tidak keliru lagi, ada baiknya mengetahui perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya. Simak ulasannya dilansir dari Kompas.com berikut ini.

Baca Juga: Gelar Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berubah Usai Kematian Ratu Elizabeth II, Ini Daftarnya

Inggris (England)

Inggris sebenarnya adalah negara konstituen atau negara bagian dari Inggris Raya.

Inggris termasuk negara bagian paling besar di Inggris Raya, baik secara luas daratan maupun jumlah populasi penduduk yang tinggal di dalamnya.

Ibu kota Inggris, yaitu London juga merupakan ibu kota dari Inggris Raya.

Namun masih banyak yang menyamakan bahwa Inggris sama dengan negara berdaulat Inggris Raya.


Inggris Raya (United Kingdom).

Inggris Raya atau dalam bahasa Inggris disebut United Kingdom sebenarnya memiliki kepanjangan dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara).

Inggris Raya adalah sebuah negara yang terletak di di benua Eropa yang wilayahnya terdiri dari Britania Raya dan Irlandia Utara.

Inggris Raya atau biasa disebut UK terdiri dari empat negara konstituen, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Ibu kota negara Inggris Raya adalah London, sama dengan ibu kota Inggris.


Britania Raya (Great Britain)

Britania Raya merupakan istilah yang mengacu pada wilayah geografis dari kepulauan Inggris (bukan masuk dalam istilah negara).

Kepulauan Inggris memiliki dua pulau besar, yaitu Pulau Britania Raya dan Irlandia, serta 6.000 pulau kecil.

Dapat dikatakan bahwa Britania Raya adalah sebuah pulau di Kepulauan Inggris yang wilayahnya mencakup Inggris, Skotlandia dan Wales.

Britania Raya memiliki luas wilayah 209.331 kilometer persegi dan masuk dalam daftar pulau terluas kesembilan di dunia.

Baca Juga: Luar Biasa! Segini Kekayaan Raja Charles III dari Warisan Ratu Elizabeth II, Nominalnya Hingga Rp 7,42 Triliun!

 
Perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya

Setelah menjelaskan masing-masing dari ketiga istilah ini, dapat disimpulkan bahwa Inggris adalah satu dari empat negara konstituen atau bagian dari negara Inggris Raya (United Kingdom)

Sementara Inggris Raya atau United Kingdom adalah negara berdaulat yang mencakup Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Britania Raya adalah istilah yang merujuk pada sebuah pulau di lepas pantai barat laut Eropa, yang masih berada di kepulauan Inggris.

Demikian perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya. Jangan salah lagi ya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm