Bikin Gak Produktif, Ini Makanan yang Bisa Bikin Ngantuk Seharian

12 September 2022 14:15 WIB
Ilustrasi mengantuk
Ilustrasi mengantuk ( Medical News Today)

Sonora.ID - Ketika mengalami sulit tidur, beberapa orang mengiranya hal tersebut disebabkan karena stres, paparan radiasi dari telepon genggam, laptop atau bahkan disebabkan hal-hal lainnya.

Tetapi sebenarnya hal tersebut bisa disebabkan oleh sebuah makanan atau minum yang dikonsumsi sehingga menyebabkan hal tersebut.

Oleh karena itu, berikut beberapa makanan atau minuman yang dapat membantu anda cepat mengantuk sehingga lebih cepat tidur. Beberapa rekomendasi diantaranya:

Mengonsumsi ubi sebelum tidur dapat membuat tubuh merasa lebih tenang dan mengantuk. Serta tingginya serat pada ubi yang cukup mengenyangkan membuat anda tidak akan terbangun di tengah malam karena kelaparan. Menurut ahli gizi teregistrasi sekaligus pendiri dan CEO Bumpin Blends, Lisa Mastela, MPH, RD, ubi mengandung B6 yang dapat meningkatkan suasana hati serta produksi melatonin.

Sup ayam saat dikonsumsi akan membuat saraf tubuh rileks dan mengirimkan sinyal aman pada tubuh. Serta mudahnya sup yang dicerna oleh tubuh membuat lebih cepat mengantuk, tidak seperti makanan yang sulit dicerna yang justru akan membuat tubuh terjaga.

Baca Juga: Udara Dingin Bikin Ngantuk? Gak Cuma Kopi, 3 Minuman Ini Ampuh Datangkan Semangat!

Selain itu saat membeli atau membuat sup usahakan dengan kandungan sodium yang rendah karena sodium yang tinggi justru membuat tubuh akan lebih terjaga.

Bahkan seorang ahli akupunktur dan spesialis pengobatan Cina Tsao-Lin Moy menjelaskan kepada Eat This, Not That! bahwa salah satu makanan yang menenangkan seperti sup ayam.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Research and Medical Sciences, menjelaskan bahwa magnesium memiliki efek positif pada kualitas tidur orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia.

Di mana pada buah pisang mengangdung magnesium dan potasium yang kandungan tersebut membantu merelaksasi otot dan membuat tubuh cepat mengantuk. Selain itu pisang juga mengandung triptofan yang mampu mengatur serta menenangkan hormon serotonin dan melatonin yang membuat lebih cepat tidur.

Konsumsi greek yogurt rendah lemak yang dikombinasi dengan madu dan pisang. Kombinasi tersebut mengandung triptofan tinggi yang akan diserap baik oleh otak, dan kandungan triptofan mampu membuat tidur lebih cepat. Untuk lebih mengenyangkan dapat ditambahkan dengan beberapa gandum mentah.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bikin Bau Mulut, Jauhi Sekarang Kalau Gak Mau Bikin Orang Jijik!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm